Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerahKesehatan

Aplikasi SIMRS Berbasis Teknologi Pelayanan Menjadi Lebih Cepat

254
×

Aplikasi SIMRS Berbasis Teknologi Pelayanan Menjadi Lebih Cepat

Sebarkan artikel ini

GLOBAL SUBULUSSALAM – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Subulussalam melaunching penerapan pelayanan berbasis teknologi dan informasi dengan pengembangan aplikasi Sistem Informasi Manejemen Rumah Sakit (SIM RS) untuk mewujudkan pelayanan menjadi lebih baik, lebih cepat, tepat, aman, dan nyaman.

“Di era 4.0 ini, semua dihadapkan dengan adaptasi pengembangan teknologi di berbagai bidang. Salah satunya adalah pelayanan di rumah sakit yang berbasis teknologi dan informasi,” kata Sekretaris BLUD RSUD Kota Subulussalam, Satria Darma saat memaparkan progres pelayanan pada saat launching, Rabu, 24 November 2021.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Menurut Darma, dengan adanya pengembangan SIMRS ini, maka pelayanan di rumah sakit kian cepat dan paper less. Karena semua data tercatat dengan baik mulai dari pendaftaran hingga terintergrasi sampai ke kasir.

Baca Juga :   Kuasa Hukum RA Apresiasi Putusan Majelis Hakim MS Blangpidie

Ia menjelaskan, SIMRS ini merupakan transformasi digital bagi rumah sakit, apalagi SIMRS ini sudah ada regulasinya sebagaimana yang tertuang pada Permenkes RI Nomor 82 Tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Menurutnya, dengan adanya layanan berbasis digital tersebut maka akan memberikan informasi yang lebih akurat, penerimaan dapat terlihat dalam laporan-laporan harian sehingga mempermudah pengelolaan keuangan di rumah sakit. Dari pertama pasien mulai mendaftar di rekam medis hingga pasien pulang, tercatat secara terstruktur riwayat perjalanan pasien.

Baca Juga :   Dana Otsus Berkurang, Pemerintah Aceh-Kompak Bahas Sumber Pendanaan Baru

“Dalam regulasi SIMRS tersebut dinyatakan bahwa setiap rumah sakit wajib menyelenggarakan SIMRS. Dan, SIMRS ini pula yang dipersyaratkan BPJS sebagai salah satu syarat untuk kerja sama dengan mereka,” kata Darma menjelaskan.(*)