Bupati Abdya Apresiasi SDM Muhammadiyah Mampu Kelola Asset dan Janjikan Lahan Sawit 50 Hektar

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim menyampaikan sambutan dalam perayaan Milad Muhammadiyah ke-109 yang berlangsung di Aula Gedung Dakwah, Masjid At Taqwa Blangpidie, Minggu (28/11/2021). FOTO : GLOBAL/SALMAN.

GLOBAL BLANGPIDIE – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim SH menghadiri acara resepsi Milad Muhammadiyah ke-109 Tingkat Kabupaten Abdya.

Milad Muhammadiyah itu mengangkat tema “Optimalisasi hadapi Covid-19 menebar nilai utama” yang berlangsung di Aula Gedung Dakwah, Komplek Masjid At Taqwa Blangpidie, Minggu (28/11/2021).

Bacaan Lainnya

Milad Muhammadiyah ke-109 digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan pembuka di awali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Suci Rahmatillah Eriswan dari Desa Durian Rampak, Susoh.

Kemudian, dilanjutkan laporan panitia pelaksana oleh Ivandi Akmal, MPd dan pidato Milad Muhammadiyah ke-109 oleh Ketua PD Muhammadiyah Abdya, Ir H Mismaruddin Mahdi.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Muhammadiyah adalah organisasi dakwah yang sudah sangat teruji ketangguhannya, kecerdasan sumber daya manusia (SDM), dan juga konsistensinya.

“Dalam rentang waktu yang sangat panjang, Muhammadiyah sudah banyak sekali melahirkan orang cerdas dan tangguh, serta para pendidik dan pendakwah yang tangguh di seluruh pelosok negeri,” ujar Akmal.

Bupati Akmal mengungkapkan, ada hal yang menarik di organisasi Islam Muhammadiyah, termasuk di Abdya.

Kata dia, orang Muhammadiyah itu kelihatan sederhana, akan tetapi organisasinya ialah yang paling terkaya di dunia.

“Ini sangat luar biasa, tidak mungkin organisasi sebesar ini bisa berdiri dan sekaya ini, lahir dari orang-orang yang biasa saja, dimanej juga oleh orang biasa biasa saja. Karena itu, berbahagia lah negeri ini karena memiliki Muhammadiyah,” ucap Akmal.

Kesempatan itu, Bupati Abdya mengpresiasi SDM yang ada di Muhammadiyah atas kemampuannya mengelola asset sedemikian bagus.

Sepatutnya, kata Akmal, Muhammadiyah dapat memperbesar gerakannya dengan menjadi penerang dan penebar kebaikan bagi banyak orang.

Karena itu, Akmal meminta SDM yang dimiliki Muhammadiyah tersebut dapat berbagi konsep dan gagasan tentang bagaimana manejemen bisnis pengelolaan asset di tubuh organisasi Islam tersebut kepada orang lain.

“Saya pikir, dengan sumber daya manusia dan tradisi yang dibangun dengan sedemikian bagus, perlu juga dimotori. Bagaimana cara memotorinya, yaitu dengan melakukan pelatihan-pelatihan, seminar dan membahas topik-topik ini dalam berbagai kesempatan,” jelasnya.

Akmal menceritakan, dimasa periode pertama ia menjadi Bupati Abdya, ada ratusan kelompok tani yang diberikan lahan, salah satunya organisasi Muhammadiyah.

“Dari 500 kelompok yang mendapat lahan, Alhamdulillah… yang sukses cuma kebun Muhammadiyah,” imbuh dia.

Sehingga, Akmal menyarankan agar organisasi Muhammadiyah itu juga bisa berinvestasi di bidang Agro (Pertanian).

Di akhir sambutannnya, Bupati Akmal Ibrahim berencana akan memberikan lahan sawit untuk dikelola organisasi Muhammadiyah tersebut.

“Saya sudah berbicara dengan ketua Muhammadiyah, saya ingin memberikan lahan sawit ke Muhammadiyah sebanyak 50 hektar, karena yang kemarin itu saya kasih 10 hektar berhasil,” ungkapnya.

Rencana itu, kata Akmal tidak hanya untuk Muhammadiyah, akan tetapi juga untuk beberapa organisasi Islam di Abdya, dan termasuk untuk Masjid Agung, serta untuk Hafiz Quran.

“Saya ucapkan selamat hari ulang tahun Muhammadiyah ke-109, dan saya yakin Muhammadiyah akan lebih besar lagi,” ucap Bupati Akmal seraya menegaskan kembali agar organisasi Islam Muhammadiyah dapat membantu orang lain, karena membantu orang lain adalah ibadah. (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H