Daftar Tim Raksasa yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Italia Gabung Tuh

Italia tampil dominan di sepanjang laga namun gagal mencetak gol ke gawang Makedonia Utara di Palermo. (REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

ACEHGLOBALNEWS.com – Empat tim baru memastikan lolos ke Piala Dunia 2022 pada Kamis (24/3) dan Jumat (25/3).

Arab Saudi, Jepang, Uruguay, dan Ekuador kini menambah daftar peserta pesta sepak bola terbesar sejagad raya itu menjadi 19 negara.

Bacaan Lainnya

Arab Saudi melaju ke putaran final karena Jepang menang 2-0 atas Australia. Pasalnya, Arab Saudi dan Jepang sudah tidak bisa tergeser dari posisi dua besar Grup B sebagai syarat otomatis lolos ke Piala Dunia 2022.

Sementara, Uruguay memastikan satu tiket Piala Dunia berkat kemenangan 1-0 kontra Peru. Sedangkan Ekuador otomatis lolos karena posisinya di tempat ketiga sudah aman meski Uruguay memperoleh kemenangan.

Di antara 19 negara yang sudah bisa bernafas lega untuk mempersiapkan diri, ada segelintir tim yang hanya bisa gigit jari. Bahkan, beberapa tim yang tidak lolos memiliki rekam jejak sebagai negara besar. Siapa saja mereka?

Berikut daftar 3 negara besar yang tidak lolos Piala Dunia 2022:

1. Italia

Kekalahan 0-1 Italia kontra Makedonia Utara pada Jumat (25/3) dini hari WIB mengejutkan banyak orang. Betapa tidak, status juara bertahan Euro 2020 membuat Gli Azzuri seharusnya bisa lolos dengan mudah ke Piala Dunia 2022.

Namun, mereka justru harus menempuh jalur playoff untuk bisa terbang ke Qatar. Namun, satu-satunya kesempatan pun terbuang begitu saja ketika mereka kalah dengan tim non-unggulan melalui satu gol di detik-detik akhir pertandingan.

Kegagalan Italia di Piala Dunia menambah panjang catatan kelam mereka setelah di Piala Dunia 2018, mereka juga tidak lolos. Untuk kedua kalinya, penggemar Italia kembali harus mengubur dalam-dalam keinginan menyaksikan Gli Azzuri di Piala Dunia kali ini.

2. Republik Ceko

Sama seperti Italia, Republik Ceko juga harus mengubur impian tampil di Piala Dunia 2022 akibat kekalahan tipis.

Ceko tumbang dengan skor 0-1 kontra Swedia, Jumat (25/3) lewat gol di babak tambahan. Hasil itu membuat Ceko kembali harus menyaksikan Piala Dunia 2022 dari layar kaca.

Terakhir kali Ceko lolos ke Piala Dunia pada 2006 lalu. Saat itu beberapa pemain top seperti Pavel Nedved dan Jan Koller mengisi daftar susunan pemain.

3. Pantai Gading

Timnas Pantai Gading yang diisi beberapa sosok beken gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Sederet nama mentereng seperti Eric Bailly, Franck Kessie, Serge Aurier, Nicolas Pepe dan Sebastian Hallers tidak mampu mengantarkan tim ke level dunia.

Ini merupakan kegagalan dua kali secara beruntun bagi Pantai Gading karena gagal tampil di Piala Dunia 2018 dan 2022.

Momen kekalahan tipis 0-1 kontra Kamerun menutup kesempatan mereka. Perolehan 13 poin tidak cukup untuk lolos ke putaran ketiga karena Kamerun lebih berhak melaju dengan 15 poin. (*)

Sumber: CNN

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H