Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaKesehatan

Gampong Geulumpang Payong Blangpidie Gelar Kegiatan RDS

224
×

Gampong Geulumpang Payong Blangpidie Gelar Kegiatan RDS

Sebarkan artikel ini

GLOBAL BLANGPIDIE – Pemerintah Gampong Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan rumah desa sehat (RDS) atau rumah gizi gampong (RGG).

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Keuchik gampong setempat, Kamis (11/9/2021).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pj. Keuchik Gampong Geulumpang Payong, Khairuddin mengatakan kegiatan RDS/RGG bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi angka stunting atau gizi buruk balita di desa.

“Kegiatan RDS ini sudah menjadi prioritas terutama dalam Perbup Abdya, dalam rangka menekan dampak gizi buruk terhadap balita, serta meningkatkan layanan kesehatan bagi bumil yang mengalami kondisi KEK dan Resti,” jelas Khairuddin.

Baca Juga :   Pemerintah Gampong Geulumpang Payong Gelar Musdes BUMDes

Ia menyebutkan, kegiatan RDS tersebut merupakan periode triwulan ketiga tahun anggaran 2021 yang bersumber dari dana desa sebesar Rp 1,5 juta per triwulan.

“Jumlah total penerima manfaat kegiatan ini berjumlah 11 orang, terdiri dari balita garis kuning 5 orang, balita kekurangan berat badan sejak lahir 2 orang, dan bumil dalam kondisi kekurangan energi kronis (KEK) atau Resti 4 orang,” ungkapnya.

Khairudin melanjutkan, data penerima manfaat RDS diperoleh dari catatan bidan desa dan kader posyandu. Ia mengatakan tidak semua yang mendatangi posyandu menjadi sasaran kegiatan ini.

Baca Juga :   Tiga Pj Keuchik di Blangpidie Resmi Dilantik

“Harapan saya, kegiatan RDS paling tidak bisa menambah asupan gizi bagi anak-anak kita balita yang mengalami permasalahan dengan pertumbuhan dan berat badannya, serta juga untuk ibu-ibu hamil KEK atau Resti,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator RDS Gampong Geulumpang Payong, Ema Suryani menjelaskan pada kegiatan RDS, pihaknya menyediakan makanan dan minuman bergizi yang sudah disajikan per porsi.

“Makanan tambahan seperti nasi, ayam, telur, sop ayam, bubur kacang hijau, lauk pauk, dan lain-lainnya. Menu ini dimasak sendiri oleh kader,” tuturnya.

Baca Juga :   Pj Gubernur Aceh Kukuhkan Supriyadi sebagai Kepala Perwakilan BPKP Aceh

Sementara, menu lainnya berupa buah-buahan, telur dan kacang hijau juga disediakan dalam bentuk parcel diserahkan langsung kepada penerima sasaran.

“Para peserta yang menjadi sasaran RDS ini langsung makan di tempat, sedangkan sebagiannya kita bungkus parcel untuk dibawa pulang,” ujar Ema.

Pada kegiatan RDS tersebut dihadiri oleh Ketua Tuha Peut, Rusman Alian, Pj. Keuchik Khairuddin, Pendamping Desa (PDP dan PDTI), PLD, aparatur desa dan seluruh pengurus RDS gampong setempat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *