Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaKesehatan

Gampong Lhung Tarok Abdya Laksanakan Kegiatan RDS Triwulan Ketiga

181
×

Gampong Lhung Tarok Abdya Laksanakan Kegiatan RDS Triwulan Ketiga

Sebarkan artikel ini
Gampong Lhung Tarok Abdya Laksanakan Kegiatan RDS Triwulan Ketiga
Pemerintah Gampong Lhung Tarok, Kecamatan Blangpidie, Abdya melaksanakan kegiatan RDS/RGG yang bertempat di Aula Kantor Keuchik Gampong setempat, Selasa (2/11/2021). FOTO : GLOBAL/SALMAN.

GLOBAL BLANGPIDIE – Pemerintah Gampong Lhung Tarok, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan kegiatan rumah desa sehat (RDS) atau rumah gizi gampong (RGG) triwulan ketiga tahun 2021 yang berlangsung di aula Kantor Keuchik gampong setempat, Selasa (2/11/2021).

Kegiatan itu dihadiri oleh Pj. Keuchik Gampong Lhung Tarok, Jasmi Wali, Pendamping Lokal Desa (PLD) Salman Syarif, Ketua TP PKK, aparatur gampong, dan seluruh pengurus RDS gampong Lhung Tarok.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Alhamdulillah, kegiatan RDS triwulan ketiga tahun ini berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Koordinator RDS Gampong Lhung Tarok, Cut Aifar.

Baca Juga :   Percepat Pendirian PN Subulussalam, Ketua PN Singkil Jumpai Ketua Mahkamah Agung

Aifar menjelaskan, kegiatan RDS tersebut hanya ditujukan bagi balita-balita yang mengalami masalah pertumbuhan dan berat badannya atau disebut stunting. Selain itu, juga para ibu hamil dengan kondisi kekurangan energi kronis (KEK) dan memiliki resiko tinggi kehamilan (Resti).

“Peserta yang menjadi sasaran dalam kegiatan RDS triwulan ketiga ini sebanyak 7 orang, yaitu 5 orang balita dan 2 orang ibu hamil,” sebutnya.

Baca Juga :   Gerak Cepat! Kurang 3 Jam, Polres Subulussalam Ciduk Enam Pelaku Pengeroyokan

Pada kegiatan RDS tersebut, para kader menyediakan berbagai makanan bergizi yang dimasak sendiri oleh para kader meliputi ayam, telur, bubur kacang hijau, sayur-sayuran sop dan lauk pauk.

Disamping itu, juga tersedia buah-buahan dan minuman jus. Menu-menu tersebut disajikan langsung per porsi kepada masing-masing peserta sasaran RDS.

Sementara itu, Pj Keuchik Gampong Lhung Tarok, Jasmi Wali mengatakan anggaran kegiatan RDS ini bersumber dari dana desa yang diplotkan sebesar Rp 1,5 juta per triwulan.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat, terutama untuk mencegah angka gizi buruk terhadap balita dan mengurangi tingkat angka resiko tinggi kehamilan bagi ibu-ibu di dalam gampong,” ujarnya.

Baca Juga :   Tabrakan Beruntun di Abdya, 1 Orang Meninggal Dunia

Jasmi juga menyebutkan, tidak semua yang mengikuti posyandu menjadi sasaran RDS, namun hanya balita dan ibu hamil tertentu saja yang diketahui oleh kader dan bidan desa mengalami permasalahan dengan gizi dan pertumbuhan berat badannya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus RDS yang telah bersusah payah menjalankan kegiatan ini, semoga kedepannya lebih baik dan sukses lagi,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *