Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaHeadline

Gubernur dan Forkopimda Aceh Ikuti Upacara HUT RI ke-76 secara Virtual Bersama Presiden

175
×

Gubernur dan Forkopimda Aceh Ikuti Upacara HUT RI ke-76 secara Virtual Bersama Presiden

Sebarkan artikel ini
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Forkompida Aceh dan Forkompida Kota Banda Aceh mengikuti secara virtual Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI dari Istana Merdeka Jakarta, di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Banda Aceh, Selasa (17/8/2021). Foto: Humas Pemprov Aceh.

GLOBAL BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah ST bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Aceh mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan HUT Republik Indonesia yang ke-76, Selasa (17/8/2021).

Upacara yang digelar sederhana di tengah pandemi Covid-19 itu disiarkan secara virtual dan diikuti oleh pejabat dari masing-masing provinsi.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Di Aceh, upacara Detik-Detik Proklamasi diikuti melalui siaran virtual dari Gedung Serbaguna Setda Aceh. Gubernur Nova pada kesempatan itu juga didampingi istrinya Dyah Erti Idawati.

Baca Juga :   Gubernur Aceh: Kehidupan Demokrasi Takkan Ada tanpa Dukungan Wartawan

Selain itu hadir Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haythar, Sekda Aceh Taqwallah, Forkopimda Aceh, Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, serta Forkopimda Banda Aceh.

Sementara, di Istana Merdeka, Jakarta upacara secara virtual itu diikuti oleh Presiden Joko Widodo. Presiden bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Hadir Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istrinya Wury Ma’ruf Amin. Selain itu, juga hadir para menteri, Panglima TNI, Kapolri serta pejabat tinggi negara lainnya.

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dimulai pukul 10.00 WIB, dimana pasukan upacara terlihat memasuki lapangan upacara disertai Komandan Upacara.

Baca Juga :   Aceh Kembali Perpanjang PPKM Level 3 dan 2

Acara dilanjutkan Penghormatan Kebesaran dan laporan Komandan Upacara kepada Presiden.

Selanjutnya, pembacaan teks proklamasi dilakukan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani diikuti dengan mengheningkan cipta dan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kemudian, upacara dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Pusaka yang diiringi dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya pertunjukan flypass TNI Angkatan Udara.

Sementara itu, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih yaitu Tim Indonesia Tangguh.

Baca Juga :   Peringati HUT RI, Gubernur Aceh Instruksikan Pengibaran Bendera Merah Putih Mulai 1 Hingga 31 Agustus

Pembawa bendera adalah Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara. Tiga lainnya yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Sementara itu, Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi, S.AP., M.Sc., M.M.S., didapuk menjadi Komandan Upacara dan sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Suryadi Nataatmaja, S.S.T.Han. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *