Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaInternasional

Inspiratif, Nenek Usia 104 Tahun Lulus Tes Membaca dan Menulis

233
×

Inspiratif, Nenek Usia 104 Tahun Lulus Tes Membaca dan Menulis

Sebarkan artikel ini

KOTTAYAM – Seorang nenek berusia 104 tahun bernama Kuttiyamma Konthi dari Kottayam, Negara Bagian Kerala di India dinyatakan lulus tes membaca dan menulis di tingkat dasar.

Kuttiyamma mendapat nilai 89 dari skala 100 dalam tes membaca dan menulis Kerala State Literacy Mission pada 10 November.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Tes tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Negara Bagian Kerala, sebagai misi pembelajaran seumur hidup dan memberantas buta huruf di sana.

Melansir The National, ambisi pemerintah dalam memberantas buta huruf di Negara Bagian Kerala itu dinilai berhasil.

Negara bagian ini memiliki tingkat melek huruf tertinggi di India dengan 96,2 persen di mana Kottayam sebagai distrik melek huruf tertinggi di Kerala.

Baca Juga :   Baitul Mal Abdya Salurkan Zakat Senilai Rp 1,7 Milyar Lebih

Pemerintah Negara Bagian Kerala juga banyak berinvestasi dalam pendidikan dan mensponsori berbagai proyek, termasuk program unggulan untuk pendidikan orang dewasa.

Pada 2019 sampai 2020, Kerala mengalokasikan 15 persen dari anggaran tahunannya untuk pendidikan.

Percaya diri

Saat mengikuti tes, Kuttiyamma tidak sendiri. Ada lebih dari 500 orang yang mengikuti tes tersebut dengan Kuttiyamma sebagai yang tertua.

Mereka mengikuti serangkaian tes berupa membaca, menulis, dan aritmatika selama tiga jam dalam bahasa daerah Malayalam.

Kuttiyamma bahkan dengan percaya diri menjawab semua pertanyaan. Prestasinya dibagikan Oleh Menteri Pendidikan Negara Bagian Kerala V Sivankutty di Twitter.

“Kuttiyamma yang berusia 104 tahun dari Kottayam mendapat nilai 89/100 dalam tes Misi Kerala State Literacy Mission. Usia bukanlah halangan untuk memasuki dunia pengetahuan,” tulis Sivankutty.

Baca Juga :   Pemerintah Aceh Tanggung Biaya Pemulangan TKW Lumpuh di Malaysia

Kuttiyamma, ibu dari lima anak yang juga memiliki satu cucu, tidak pernah mengenyam bangku sekolah. Dia menikah ketika berusia 16 tahun.

Dulunya, dia bisa membaca beberapa kata pendek namun tidak bisa menulis.

Tahun lalu, dia mendaftar dalam program keaksaraan di dewan desa. Kemudian seorang guru bernama Rehana John ditugasi untuk mengajar Kuttiyamma secara reguler di rumahnya.

“Dia adalah wanita yang sangat cerdas. Sangat mudah bagi saya untuk mengajarinya,” kata Rehana John kepada The National.

“Saya memberinya dua jam pelajaran setiap malam di rumahnya. Dia selalu bersemangat mengikutinya,” sambung John.

“Dulu dia hanya bisa membaca kata-kata singkat. Tapi sekarang dia bisa dengan mudah membaca seluruh paragraf. Dia sangat gembira,” imbuh John.

Baca Juga :   ACT Kumpulkan Dana Rp 60 Milyar Sebulan, 10 hingga 20 Persen Ternyata untuk Gaji Karyawan

Kuttiyamma sekarang dapat menulis surat dan berharap dapat melanjutkan studinya.

Setelah menyelesaikan tes dasar dengan nilai tertinggi, Kuttiyamma dapat mengikuti ujian tingkat keempat, kata koordinator proyek distrik VV Mathew.

“Dia telah mencapai kelayakan untuk ujian menulis tingkat empat. Dia adalah panutan dan motivasi bagi semua wanita untuk pendidikan orang dewasa,” kata Mathew kepada The National.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *