Kader PKK Harus Peka Terhadap Permasalahan Keluarga dan Masyarakat

Kader PKK Harus Peka Terhadap Permasalahan Keluarga dan Masyarakat
Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh, Dr. M. Jafar, SH, M.Hum, menyampaikan sambutan Gubernur Aceh saat membuka Rakoor TP-PKK se-Aceh Tahun 2022 di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Kamis (17/3/2022).

GLOBAL BANDA ACEH – Sebagai lembaga sosial yang memperoleh legitimasi perundang-undangan, pengurus dan kader Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Aceh dituntut harus peka terhadap berbagai permasalahan dalam masyarakat agar penyelesaian masalah, dalam masyarakat hingga tingkat keluarga bisa terselesaikan dengan baik.

Hal itu disampaikan Gubernur Aceh yang diwakili Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, M Jafar, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) se-Aceh tahun 2022, di Anjong Mon Mata, Kamis (17/3/2022).

Bacaan Lainnya

Rakor tersebut, dihadiri oleh seluruh Ketua TP PKK Kabupaten dan Kota berserta anggota kadernya. Turut hadir, mitra kerja PKK dalam acara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), dan Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA).

“PKK hadir dan berkembang di semua wilayah, sebab organisasi ini memang wajib dekat dengan masyarakat. Sebab itu, pengurus PKK dituntut untuk peka dengan berbagai permasalahan di tingkat keluarga, agar bisa bergerak bersama dalam mencarikan penyelesaiannya,” kata Jafar.

Jafar menyebutkan, PKK memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup keluarga dan itu semua tercermin dalam 10 program pokok PKK, di mana mencakupi, pemberdayaan ekonomi keluarga, pangan, dan kesehatan. Kemudian kegiatan lainnya, seperti pengembangan PAUD, pembinaan pola asuh anak, serta penyuluhan pencegahan stunting.

Ia berharap, berdasarkan semua rangkuman isu-isu yang menjadi fokus gerakan PKK, serta beberapa program unggulan yang telah terlaksana, tentunya akan terus dijalankan ke depannya dengan baik dan optimal.

“Kita berharap, seluruh kader PKK bisa mempersiapkan diri untuk menjalankan kegiatan itu agar cita-cita pembangunan Aceh dapat tercapai. Jika Kader PKK bergerak cepat dan aktif, Insha Allah hasilnya pasti lebih baik,” tutur Jafar.

Pada kesempatan yang sama, ia juga mengajak semua pihak, untuk meningkatkan kinerja melalui semangat kepedulian yang tinggi terhadap keluarga dan masyarakat, dengan saling memperkuat kemitraan dan sinergi antar lembaga, sebab melalui kemitraan dan sinergi program akan mampu memberi hasil yang lebih maksimal.

“Karena itu, saya sangat setuju dengan tema Rakor kali ini, yang mengusung tema “Sinergitas Program Tim Penggerak PKK Provinsi, Kabupaten /Kota dalam Menyongsong Percepatan Peningkatan Keluarga Sejahtera,” pungkasnya. (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H