Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Suci Ramadhan

Ilustrasi - Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan (Foto: Khtas Cassim/Pexels)

ACEHGLOBALNEWS.com – Salah satu bulan yang selalu ditunggu kedatangannya oleh umat muslim adalah bulan suci Ramadhan.

Bulan suci Ramadhan adalah satu-satunya bulan yang paling mulia dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya dalam penanggalan Hijriyah.

Bacaan Lainnya

Di bulan ini, Allah menjanjikan limpahan berkah bagi umatnya seperti yang telah dijelaskan dalam hadis HR. Ahmad “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah…”

Bulan Ramadhan terbagi dalam tiga fase yaitu 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari terakhir.

Pada 10 hari pertama dianggap sebagai fase terberat berpuasa, di mana kamu baru beradaptasi dengan aktivitas tanpa makan di siang hari. Hal ini tentunya juga memberikan keutamaan yang besar untuk kamu yang memaksimalkan ibadah.

Keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadhan bisa kamu dapatkan dengan rajin beribadah. Pada awal bulan Ramadhan, Allah SWT membuka pintu rahmat-Nya untuk setiap hamba yang berpuasa dan rajin beribadah.

Amalan-amalan yang dapat kamu lakukan di bulan Ramadhan, seperti membaca Al-Qur’an, membaca doa, banyak berzikir, shalat malam, hingga bersedekah.

Bila kamu melakukan amalan-amalan tersebut secara rutin, kamu tentu akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT.

Lantas, apa keutamaan 10 hari pertama dalam bulan Ramadhan?
Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 3 April 2022 tentang keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadhan:

Terbukanya Pintu Rahmat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadhan sesuai hadits yaitu terbukanya pintu rahmat. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

“Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

Pada 10 hari pertama di bulan Ramadan, Allah SWT membuka pintu rahmat-Nya untuk setiap hamba yang melakukan puasa, dan dipandang sebagai seorang yang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal.

Penuh Berkah dan Keberuntungan

Keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadhan berikutnya adalah mendapatkan berkah dan keberuntungan. Keberuntungan akan didapat oleh orang yang menjalankan puasa di 10 hari pertama Ramadhan.

Ia akan selalu dalam lindungan Allah SWT selama bulan Ramadhan serta selalu berada dalam petunjukNya.

Pahala Berlipat Ganda saat Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan, sebagai ilmu dan pengetahuan, serta sebagai penunjuk jalan kehidupan.

Nah, di bulan ini pahala membaca Al-Quran dilipatgandakan. Membaca Al-Quran juga bisa mendatangkan ketenangan hati dan rahmat Allah SWT.

“Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadan adalah tadarus Al-Quran. Tadarus Al-Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadan.” (QS. Al Baqarah ayat 185).

Belajar Memperbanyak Zikir

Zikir adalah salah satu bentuk ibadah yang dapat dilakukan kapanpun dan di manapun tempatnya selama tempat itu suci.

Zikir adalah mengingat Allah dan barangsiapa ingin selalu dekat denganNya maka perbanyaklah berzikir. Hati yang senantiasa berzikir akan selalu teringat pada Allah SWT dan dekat dengannya.

Waktu yang Tepat untuk Berdoa

Di bulan suci Ramadan, banyak waktu yang mustajab untuk berdoa, yaitu saat berpuasa, saat waktu sahur, saat azan berkumandang, dan saat malam lailatul qadar.

Bahkan, kamu bisa menerapkan doa di 10 hari pertama bulan Ramadan, dari hari pertama puasa hingga hari ke-10.

Setiap harinya ada doa-doa yang berbeda yang bisa kamu lantunkan, yang mana tentunya memiliki keistimewaannya masing-masing. (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H