Lagi, Maling Gasak Kotak Amal Masjid di Abdya

Aksi pelaku terekam CCTV saat menguras isi kotak amal Masjid Baitul Qudus, Jum'at (3/12/2021). Foto: Screenshot rekaman video.

GLOBAL BLANGPIDIE – Kotak amal (celengan) Masjid Baitul Qudus, Gampong Pinang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dibobol maling, Jum’at (3/12/2021) malam dini hari.

Salah seorang warga yang tinggal di kompleks Masjid tersebut, Marhendri (38), saat dikonfirmasi media ini pada Jum’at (3/12/2021) pagi membenarkan perihal bobolnya kota amal di Masjid Baitul Qudus, Gampong Pinang.

“Iya benar, kejadiannya sekitar pukulan 03.29 WIB pagi menjelang waktu subuh,” ujarnya.

Tambah Marhendri, aksi pencurian kotak amal tersebut terekam oleh kamera CCTV yang dipasang di masjid.

“Ada dua kota amal di masjid. Satu kotak amal terletak di dalam dan satu lagi di luar. Kalau yang dibongkar maling itu adalah kotak amal yang terletak di bagian luar depan masjid,” jelasnya.

Ia memperkirakan uang yang habis terkuras maling dalam kotak amal itu ditaksir sekitar kurang lebih Rp 3 juta.

Marhendri mengatakan, awalnya peristiwa kehilangan uang dalam kotak amal itu diketahui oleh salah seorang jamaah yang ingin shalat subuh.

Setelah mengetahui isi kotak amal sudah terbongkar, jamaah tersebut memberitahu kan kepada jamaah lain dan panitia pembangunan Masjid Baitul Qudus.

Untuk saat ini kata Marhendri, pihak kepolisian dari Polsek Susoh sudah turun ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP).

“Sekarang pihak Polsek Susoh sudah ke lokasi Masjid untuk melakukan penyelidikan. Mudah-mudahan pelaku pencurian cepat tertangkap,” ujarnya.

Aksi pencurian kotak amal/celengan Masjid di Gampong Pinang yang terekam video CCTV ini juga tersebar di media sosial (Facebook) dalam akun FB_Marhendri.

Dalam video rekaman yang berdurasi 1 menit 39 detik itu, tampak seorang pria mengenakan helm menguras uang isi dalam kotak amal.

Setelah membongkar gembok dalam waktu sangat cepat pelaku mengambil uang kotak amal tersebut dengan cara memasukkannya dalam baju pelaku.

Untuk diketahui, aksi pencurian kotak amal atau celengan masjid di Abdya sudah kerap sekali terjadi.

Hingga berita ini tayang, media ini belum memperoleh keterangan resmi dari kepolisian sektor (Polsek) Kecamatan Susoh, Abdya. (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H