Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Pasca Docking, KMP Aceh Hebat 3 Kembali Berlayar

170
×

Pasca Docking, KMP Aceh Hebat 3 Kembali Berlayar

Sebarkan artikel ini
KMP Aceh Hebat 3
Foto KMP Aceh Hebat 3. (Dok. Humas Pemrov Aceh)

GLOBAL BANDA ACEH – Aktivitas penyeberangan dari Pelabuhan Singkil menuju Pulau Banyak kembali berjalan optimal seiring kembali beroperasinya KMP Aceh Hebat 3.

Diketahui, Kapal Aceh Hebat 3 ini sempat berhenti beroperasi sejak 18 Oktober 2021, guna pelaksanaan docking atau perawatan tahunan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Docking tahunan merupakan proses yang wajib dilakukan sesuai regulasi, sebagai salah satu upaya memelihara kapal agar tetap memenuhi persyaratan operasional pelayaran.

Baca Juga :   Wakil Ketua DPRA Safaruddin Bantu Korban Kebakaran Rumah di Abdya

“Alhamdulillah, kondisi kapal dan mesin bagus, makanya kita kembali ke lintasan,” kata Nakhoda KMP Aceh Hebat 3, Capten Laode Mat Salim, Minggu (21/11/2021).

Capten Laode menjelaskan, proses docking kapal Aceh Hebat 3 dilakukan untuk memastikan keselamatan pelayaran. Kondisi kapal menjadi tetap layak sehingga aman untuk berlayar.

Sebelum kembali beroperasi telah dilakukan serangkaian pengujian untuk memenuhi persyaratan operasional pelayaran, kapal Aceh Hebat 3 juga melaksanakan sea trial yang diawasi oleh Marine Inspector dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah I Aceh pada Jumat, 19 November 2021.

Baca Juga :   MTA : Tak Ada APBA Perubahan di Tahun 2021

Sea trial meliputi pemeriksaan dan pengujian alat keselamatan, navigasi, performa mesin, dan Syarat Pelayanan Minimum (SPM).

Rangkaian pengujian juga melibatkan petugas dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Cabang Belawan Sumatera Utara, pihak BKI meneliti kembali berbagai dokumen kapal.

Pemeriksaan ini sebagai prosedur wajib yang harus dilalui sebelum kapal kembali beroperasi setelah docking.

Baca Juga :   Aceh Tempati Lima Besar Nasional Terbanyak Penerimaan Siswa SNMPTN 2022

Selama kapal Aceh Hebat 3 docking, periode awal November, banyak masyarakat yang menanyakan kapan kapal kembali beroperasi.

Hal ini menunjukkan animo masyarakat yang terus meningkat untuk berlayar dengan kapal tersebut dan lebih nyaman saat kondisi cuaca penghujan di penghujung tahun.

Pada hari perdana berlayar, Sabtu kemarin, 20 November 2021, kapal Aceh Hebat 3 mengangkut 62 penumpang dan 12 kendaraan roda dua. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *