Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Percepat Pencairan Dana Desa, Korwil 2 TPP Abdya Rutin Gelar Rakor Bersama

175
×

Percepat Pencairan Dana Desa, Korwil 2 TPP Abdya Rutin Gelar Rakor Bersama

Sebarkan artikel ini
Rakor bersama TPP P3MD Wilayah 2 Abdya yang meliputi Kecamatan Blangpidie dan Jeumpa, Selasa (29/3/2022). (Foto: Agn/Salman)

GLOBAL BLANGPIDIE – Dalam rangka mempercepat proses pencairan Dana Desa (DD) tahun 2022 yang bersumber dari APBN, Koordinator Wilayah (Korwil) 2 Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) rutin mengadakan rapat koordinasi (Rakor) bersama.

Rakor bersama tersebut diikuti oleh Tenaga Ahli (TA), Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) yang berada dalam wilayah tugas Kecamatan Blangpidie dan Jeumpa.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Rakor wilayah 2 TPP Abdya ini kerap dilakukan untuk menggenjot peran dan fungsi pendampingan PLD dengan tujuan proses penyaluran Dana Desa 2022 dari pemerintah pusat dapat terealisasi dengan cepat.

Baca Juga :   DPMP4 Abdya Gelar Asistensi Percepatan Pencairan Dana Desa

Hal itu disampaikan Korwil 2 TPP Abdya, Fitriadi, SE usai mengikuti sosialisasi transformasi pengelolaan dana bergulir masyarakat eks PNPM menjadi BUMDes Bersama di Aula BKPSDM Abdya, Rabu (30/3/2022).

“Untuk mempercepat penyaluran Dana Desa tahun 2022, kita terus melakukan upaya-upaya koordinasi percepatan bersama rekan-rekan Pendamping Desa (PD) dan PLD yang berada dalam wilayah 2 TPP Abdya,” ujar Fitriadi.

Fitriadi mengatakan, seluruh TPP Abdya akan terus menggenjot pemerintah Desa agar proses pengajuan dokumen permohonan pencairan Dana Desa segera terwujud.

“Terutama sekali adalah Peraturan Keuchik (Perchik) tentang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD. Sebab, ini menjadi prioritas agar bantuan tunai dana desa segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga :   Mantan Kades di Subulussalam Ditetapkan sebagai Tersangka Korupsi Dana Desa

Selain Perchik KPM BLT DD, lanjut Fitriadi, dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) juga menjadi prioritas dari pendampingan PD dan PLD agar setiap Desa sesegera mungkin bisa menyelesaikan dokumen tersebut.

“Jika tidak KPPN tidak bisa memproses transfer dana desa ke rekening kas desa. Sedangkan, saat ini sudah akhir bulan Maret,” tuturnya.

Fitriadi berharap, pada April 2022 semua Desa yang berada dalam wilayah tugas pendampingan PD dan PLD wilayah 2 Abdya yang meliputi, Kecamatan Blangpidie dan Jeumpa bisa tuntas semua pencairan Dana Desanya.

Baca Juga :   Wapres Serahkan Bansos untuk Warga Banda Aceh dan Aceh Besar

“Insyaallah mudah-mudahan April seluruh Desa di Blangpidie dan Jeumpa sudah selesai, dan proses transfer Dana Desa tuntas,” imbuhnya.

Saat ini, sebut Fitriadi, progres Pencairan DD Tahap I Wilayah 2 yakni Blangpidie – Jeumpa yang sudah SP2D diantaranya Desa Guhang dan Pasar Blangpidie.

“Sementara, proses SP2D di KPPN adalah Desa Alue Manggota dan Alue Rambot. Kemudian, sedang proses Keuangan ke KPPN antara lain Desa Cot Jeurat, Kuta Tinggi, dan Desa Keude Paya,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *