Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaNasional

Presiden Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia

231
×

Presiden Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia
Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Setpres.

GLOBAL JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan mobil listrik pertama buatan Indonesia. Kendaraan tersebut, diproduksi oleh perusahaan mobil besar asal Korea Selatan (Korsel) PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dengan nama merek Ioniq 5.

“Saya meluncurkan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan mobil listrik pertama buatan Indonesia Ioniq 5,” kata Presiden Jokowi di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar) pada Rabu (16/3/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Menurut Presiden, momentum diproduksinya mobil listrik buatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia, merupakan suatu hal yang ditunggu olehnya. Sebab, membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia tengah melakukan transisi besar dalam moda transportasi.

Baca Juga :   Pemilihan Keuchik Definitif di Abdya Dijadwalkan Maret 2022

Dari kendaraan berbahan bakar fosil, kini Indonesia sudah mulai beralih ke kendaraan berbahan bakar listrik. Dengan kehadiran dari mobil listrik yang diproduksi oleh perusahaan mobil besar asal Korsel tersebut.

“Kita ingin segera melakukan transisi besar kendaraan dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik,” kata Presiden.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Luncurkan 1.604 Sertifikat Badan Hukum BUMDes

Di masa mendatang, lanjut Presiden, kendaraan listrik akan diprioritaskan menjadi moda angkutan yang dipergunakan di berbagai pelosok tanah air. Karena kendaraan tersebut lebih ramah terhadap lingkungan alam sekitar.

“Transportasi utama kita. Termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan ke depan,” tutur Presiden.

Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendukung perkembangan mobil listrik di tanah air. Dengan begitu, lokal konten dari produk itu bisa terus meningkat  dari waktu ke waktu mendatang.

Melalui upaya memberikan insentif, memangkas berbagai hambatan regulasi, mendukung investasi kendaraan listrik, dan mendukung industri hulu produksi mobil listrik dalam hal baterai litium.

Baca Juga :   Warga Cot Jeurat Terima BLT DD Rp 600.000 Per KK

“Pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia,” tutur Presiden.

Presiden berharap, produksi kendaraan tersebut dapat menjadi tonggak pencapaian dalam pengembangan mobil listrik di tanah air. Sehingga, industri mobil listrik mampu terpacu berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun mendatang.

“Saya harapkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia,” pungkas Presiden. (*)

 

Sumber: Info Publik