Raja Arab Saudi Dilarikan ke Rumah Sakit, Ada Apa?

Raja Saudi Salman bin Abdulaziz mendapat dosis vaksin penyakit virus Corona (COVID-19) di Neom, Arab Saudi, 8 Januari 2021. (REUTERS/Antara)

JEDDAH – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud atau Raja Salman dikabarkan masuk rumah sakit pada Sabtu (7/5/2022) kemarin.

Raja Salman dibawa ke rumah sakit di Kota Jeddah untuk menjalani tes medis. Hal itu seperti lapor kantor berita Saudi Press Agency (SPA) yang mengutip pernyataan pihak kerajaan, Minggu (8/5/2022).

“Raja Salman sedang menjalani tes di Rumah Sakit Spesialis King Faisal,” kata SPA.

Hanya saja, SPA belum memberikan rincian lebih lanjut terkait pemeriksaan medis yang dijalani Raja Salman. Termasuk kondisinya terkini.

Awal tahun ini, media pemerintah melaporkan Raja Salman dirawat di rumah sakit di ibu kota Riyadh untuk mengganti baterai alat pacu jantungnya.

Raja Salman terakhir dirawat di rumah sakit pada 20 Juli 2020. Pemimpin Saudi berusia 86 tahun ini saat itu menderita sakit radang kandung empedu. Ia menjalani operasi untuk mengangkat kantong empedunya, yang membuat banyak spekulasi soal kesehatan Sang Raja.

Saudi Gazette melaporkan, Raja Salman menghabiskan hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan 1443 H/2022 M di Istana Kerajaan Al-Safa, Makkah, yang masih satu kompleks dengan Masjidil Haram, tempat Ka’bah berada.

Raja Salman juga melaksanakan salat Idul Fitri bersama beberapa pejabat dan pangeran di tempat yang sama.

Raja Salman juga menerima pangeran, ulama, syeikh, dan pejabat senior sipil dan militer yang datang ke Istana Al-Safa untuk mengucapkan selamat Idul Fitri.

Raja Salman diangkat sebagai Raja Arab Saudi pada tahun 2015 setelah sebelumnya menjabat Putra Mahkota dan Wakil Perdana Menteri.

Saat ini, jabatan itu dipegang oleh Pangeran Muhammad bin Salman (MBS), putra Raja Salman, yang sering disebut sebagai pemimpin de facto negara kaya minyak itu.(*)

Sumber: Kumparan

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H