Terakhir, Pemerintah Gampong Pasar Blangpidie Tuntas Salurkan BLT Desember 2021

Ketua Tuha Peut Gampong Pasar Blagpidie, Sulaiman Daud menyerahkan secara simbolis BLT DD senilai Rp 300 ribu kepada salah seorang warga di Kantor Keuchik Gampong setempat, Sabtu (11/12/2021). FOTO: GLOBAL/SALMAN

GLOBAL BLANGPIDIE – Pemerintah Gampong Pasar Blangpidie, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) tuntas menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) tahun 2021.

Hal itu menyusul telah disalurkannya BLT DD bulan Desember yang berlangsung di Kantor Keuchik Gampong setempat, Sabtu (11/12/2021).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, hari ini kita telah menyerahkan BLT DD Desember, maka dengan demikian berakhirlah kegiatan penyaluran BLT tahun 2021 ini bagi keluarga kurang mampu di Gampong Pasar,” ucap Pj Keuchik Gampong Pasar Blangpidie, Takdir yang didampingi Ketua Tuha Peut, Sulaiman Daud.

Takdir menyebutkan, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah ditetapkan berhak menerima bantuan tunai dari dana desa itu berdasarkan musyawarah desa khusus berjumlah sebanyak 88 Kepala Keluarga (KK).

“Bantuan seperti biasa kita serahkan secara tunai masing-masing sebesar Rp 300 ribu per KK,” imbuhnya.

Takdir mengatakan, pada penyerahan BLT DD Desember ini pihaknya dari desa tetap meminta kartu vaksin kepada warga sebagai syarat untuk mengambil bantuan.

“Jika tidak bisa memperlihatkan bukti atau surat keterangan vaksinasi, maka bantuannya kita tunda dulu meskipun ini adalah BLT yang terakhir,” ujarnya.

Sejak pemberlakuan syarat vaksinasi bagi warga penerima bantuan yang merujuk kepada Perpres Nomor 14 Tahun 2021, mulai bulan November warga yang tertunda memperoleh BLT DD di Gampong Pasar Blangpidie berjumlah 29 KPM dari total jumlah penerima 88 KK.

“Sementara, bulan ini kita masih menunggu nanti berapa orang warga kita yang datang ke kantor untuk mengambil BLT Desember,” katanya.

Kesempatan itu, Takdir juga menghaturkan ucapan terimakasih kepada semua pihak di dalam desa yang telah membantu menyukseskan kegiatan penyaluran BLT DD 2021 mulai dari Januari hingga Desember, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Tuha Peut, seluruh aparatur desa, Tuha Lapan, Babinsa, Babhinkamtibmas dan Pendamping Desa (PD dan PLD) serta pihak-pihak lainnya yang telah berpartisipasi mendukung kegiatan penyerahan BLT ini hingga tuntas sampai Desember 2021,” ucap Takdir.

Penyerahan BLT DD Desember 2021 Gampong Pasar Blangpidie, Abdya. FOTO: GLOBAL/SALMAN

Sementara itu, Ketua Tuha Peut Sulaiman Daud, mengatakan sejak diberlakukannya syarat vaksinasi banyak warga yang harus tertunda mengambil bantuan lantaran belum melakukan vaksin Covid-19.

Meskipun demikian, pihaknya dari Tuha Peut tetap mengajak secara persuasif warga yang belum vaksin untuk segera melakukan vaksinasi.

“Kedepannya, kami meminta pemerintah desa Pasar Blangpidie agar melakukan pendataan lebih tertib lagi berapa warga yang sudah melakukan vaksin, karena tahun 2022 nanti jika bantuan ini berlanjut, maka akan memudahkan dalam memetakan warga yang layak dan memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan,” jelas Sulaiman.

Amatan acehglobalnews.com, penyerahan BLT DD terakhir di Gampong Pasar Blangpidie tahun 2021 ini diserahkan secara simbolis langsung oleh Ketua Tuha Peut, Sulaiman Daud.

Turut hadir Pj Keuchik, Takdir, anggota Tuha Peut, Pendamping Lokal Desa (PLD) Firdaus, dan seluruh aparatur desa setempat.(*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H