Thaibah, Srikandi Abdya Lolos Pilchiksung 2022

Thaibah, S.Sos, Keuchik terpilih dalam Pilchiksung Gampong Lamkuta, Blangpidie, Abdya. (Foto: Istimewa)

GLOBAL BLANGPIDIE – Thaibah, srikandi Gampong Lamkuta, Kecamatan Blangpidie dinyatakan lolos menjadi Keuchik pada kontestasi pemilihan keuchik secara langsung (Pilchiksung) di daerah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa, (22/3/2022) kemarin.

Sekdes Perempuan di Kecamatan Blangpidie itu dinyatakan sukses menuju kursi Keuchik (kepala desa) periode 2022-2028.

Bacaan Lainnya

Dari hasil rekapitulasi perhitungan suara di TPS Gampong Lamkuta, Thaibah berhasil mengungguli ke tiga rivalnya yakni, Nasrijal Saputra, Hasanuddin, dan Ridhwan.

Perempuan satu anak itu mampu memikat pilihan warga dengan mendulang 160 suara dari jumlah total 498 suara sah.

Sedangkan rivalnya yaitu, Nasrijal berada di peringkat kedua dengan perolehan 144 suara. Kemudian disusul oleh Hasanuddin 125 suara dan Ridhwan 69 suara.

Data yang dihimpun media ini, menyebutkan total pemilih tetap yang terdaftar dalam DPT Lamkuta berjumlah 567 pemilih yang terdiri dari 278 pemilih laki-laki dan 289 pemilih perempuan.

Sementara, sampai ditutupnya jadwal pemungutan oleh Panitia Pemilihan Keuchik (P2K), jumlah warga yang memilih mencapai 498 pemilih dengan rincian 241 laki-laki, dan 257 perempuan.

Thaibah, saat dikonfirmasi media ini, Selasa (22/3/2022) sore menyampaikan rasa syukurnya atas kemenangan yang ia peroleh dalam Pilchiksung ini.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dari masyarakat, saya diberikan kepercayaan untuk memimpin gampong Lamkuta untuk enam tahun kedepan,” kata Thaibah.

Dia mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga yang telah menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi rakyat di tingkat gampong ini.

“Ucapan terimakasih saya juga saya sampaikan kepada seluruh anggota P2K, KPPS, P2P, dan seluruh aparatur Desa, para tokoh-tokoh masyarakat atas kerja keras dan kerjasamanya, sehingga pelaksanaan pemilihan keuchik di gampong Lamkuta dapat berjalan dengan damai, kondusif dan lancar,” ucap Thaibah.

Thaibah mengatakan, perempuan juga mampu menjadi pemimpin untuk membawa perubahan bagi Desanya ke arah kemajuan. Istri mantan Ketua PC IMM Abdya, Zulfahmizar ini juga berharap usai pemilihan keuchik tidak ada lagi blok-blok ditengah masyarakat.

Ia menginginkan masyarakat Gampong Lamkuta harus kompak selalu dan bersatu bahu membahu membangun gampong di Kemukiman Babahlok itu menjadi gampong yang berkemajuan.

“Sesuai visi misi, saya mengajak seluruh masyarakat mari sama-sama kita bangun Gampong Lamkuta ini dengan harmonis, transparansi dan berbudaya islami,” ajak Thaibah.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan Pilchiksung serentak di Kabupaten Abdya diadakan di setiap gampong per Daerah Pemilihan (Dapil). Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Blangpidie, Susoh, dan Jeumpa sudah dilaksanakan pada Selasa (22/3/2022) kemarin.

Selanjutnya, Dapil 2 meliputi Kecamatan Setia, Tangan-tangan, Manggeng dan Lembah Sabil telah berlangsung pada Senin (21/3/2022) lalu.

Terakhir hari ini, Rabu (23/3/2022) sedang berlangsung di Dapil 3 yaitu Kecamatan Kuala Batee dan Babahrot. (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H