Timnas Polandia Tolak Lawan Rusia di Laga Play Off Kualifikasi Piala Dunia 2022

Kiper Timnas Polandia dan Klub Juventus, Wojciech Szczesny (c) AP Photo/Bola.net

GLOBAL JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Polandia dijadwalkan menghadapi Timnas Rusia di play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa pada 24 Maret 2022 mendatang.

Namun, seiring perang yang dilancarkan negara Rusia terhadap Ukraina, membuat Timnas Polandia menolak bermain melawan Timnas Rusia.

Bacaan Lainnya

Keputusan melakukan boikot ini disampaikan oleh federasi sepak bola Polandia. Kiper Polandia dan klub Juventus, Wojciech Szczesny juga mengambil keputusan yang sama.

Perlu diketahui, istri Szczesny, Marina adalah wanita kelahiran Ukraina. Perang ini tentu saja membuat dia sangat cemas.

Bukan cuma Szczesny yang tak mau main melawan Rusia. Rekan-rekannya di Timnas Polandia juga mengambil keputusan yang sama.

“Saya memutuskan untuk tidak berpartisipasi di play-off, dan saya senang rekan-rekan yang lain juga memutuskan demikian,” kata Szczesny, seperti dikutip Football Italia.

“Kalau nantinya kami diputuskan kalah, setidaknya kami tahu kalau kami sudah mengambil keputusan yang tepat. Kami melakukan apa yang harus kami lakukan.”

“Keluarga saya saat ini jauh dari Ukraina, tapi masih banyak orang yang bersembunyi dan berusaha melarikan diri dari sana. Situasinya sungguh mengerikan.”

Play-off di Jalur B mempertemukan Rusia vs Polandia dan Swedia vs Republik Ceko. Pemenangnya kemudian akan saling berhadapan.

Jika Rusia lolos, Swedia telah mengambil sikap tegas andai mereka juga lolos. Swedia juga akan melakukan boikot sama sepeti Polandia.

“Saya bukannya marah kepada semua orang Rusia. Saya tahu mayoritas orang-orangnya menolak perang. Pemerintah mereka yang mengambil keputusan itu,” lanjut Szczesny.

“Media sosial bukan cuma untuk merayakan kemenangan di sepak bola, tapi juga untuk menyampaikan apa yang perlu disampaikan.”

“Saya harap semua Tim Nasional mengikuti langkah kami dan menolak main lawan Rusia. Kita lihat saja apakah FIFA akan memberi mereka tempat di Piala Dunia atau tidak,” tegasnya. (**)

Sumber: Football Italia/Bola.net

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H