TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam Abdya Gelar Tahfizh Ramadhan

Sahabat Quran Tahfiz Ramadhan TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam Abdya membawa lagu nasyid saat acara penutupan tahfizh ramadhan 1443 H di komplek TPQ setempat, Rabu (13/4/2022). (Foto: Agn/Salman)

GLOBAL BLANGPIDIE – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Baitul Hufaazh Al Qalam yang terletak di Desa Gadang, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan tahfizh ramahdhan 1443 H.

Kegiatan yang bertema “Mencetak Generasi Qura’ni di Bulan Penuh Berkah” itu berlangsung selama 10 hari di lingkungan komplek TPQ setempat.

Bacaan Lainnya

Direktur TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam, Eka Satria, S.Pd mengatakan kegiatan tahfiz ramadhan 1443 H ini telah dilaksanakan sejak tanggal 4 April dan berakhir pada 13 April 2022 dengan diikuti oleh sebanyak 133 peserta.

“Dalam kegiatan tahfiz ini ada tiga kelas yang kita buka, yakni kelas Iqro’ dengan peserta 30 org, kelas tahsin Al Qur’an 61 orang dan Tahfiz sebanya 42 orang,” ungkap Eka Satria dalam sambutannya saat menutup secara resmi kegiatan tersebut, Rabu (13/4/2022).

Dia menyebutkan dari 133 peserta tahfiz ramadhan tersebut terdapat 33 peserta melampaui target hafalan, diantaranya iqro’ 5 orang, Al Qur’an 18 orang dan Tahfizh 10 orang.

“Target hafalan, untuk iqro’ 1-3 hafalannya 2 lembar, iqro’ 4-6 itu 4 lembar. Sementara Al Qur’an 6 lembar, dan tahfizh 1 juz mutqin,” jelas Eka Satria.

Kesempatan itu, pemilik TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan tahfizh ramadhan itu.

“Alhamdulillah, kegiatan tahfizh tahun ini yang perdana kita laksanakan. Terimakasih kami ucapkan kepada IKAT Aceh, MRI/ACT Abdya, dan para donatur yang telah membantu dan mensupport kegiatan Tahfiz ramadhan ini,” katanya.

Eka Satria juga menyebutkan, bahwa IKAT Aceh telah membantu 55 Al Qur’an, 35 Iqro’, dan 10 Al Qur’an dari MRI/ACT yang diserahkan langsung kepada TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam.

Sedangkan, untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya juga mendapat bantuan berupa dukungan dana yang terkumpul dari para hamba Allah (donatur).

Turut hadir dalam kegiatan penutupan Tahfiz Ramadhan 1443 H itu, Pj Keuchik Gampong Gadang, Husni, para dewan guru dan penasehat TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam, yaitu Erdiwar S,Ag, MPd, para aparatur Desa Gadang, pengurus IKAT Aceh, dan perwakilan MRI/ACT, orang tua santri, serta tamu undangan lainnya. (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H