Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Ustadz Abizal: Shalat Memberi Garansi Kebahagiaan dan Penyelesaian Beban Hidup

148
×

Ustadz Abizal: Shalat Memberi Garansi Kebahagiaan dan Penyelesaian Beban Hidup

Sebarkan artikel ini
Ustadz Abizal: Shalat Memberi Garansi Kebahagiaan dan Penyelesaian Beban Hidup
Ustadz Abizal M. Yati saat menyampaikan Tausiyah Peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW 1443 H, di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Minggu (27/2/2022) malam. (Foto: Istimewa)

GLOBAL BANDA ACEH – Shalat lima waktu dalam sehari semalam bagi umat Islam akan membuat kehidupan sosial kaum muslim menjadi lebih baik.

Lebih dari itu secara lebih personal, shalat lima waktu memberi garansi atau menjamin kebahagiaan, kesejahteraan hingga ketenangan bagi yang mengerjakannya. Lebih dari itu juga menjadi solusi untuk permasalahan dan beban hidup setiap ummat muslim.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hal itu disampaikan oleh Ustadz Dr. Abizal M. Yati, Lc, MA, dalam tausiyahnya saat peringatan Isra‘ Mi‘raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1443 H di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Minggu (27/02/2022) malam.

Menurut Dr. Abizal, sedikitnya ada tiga poin terkait pentingnya shalat dalam membentuk kesalehan sosial masyarakat, baik secara komunal maupun personal.

Baca Juga :   Jadikan Peringatan Israk Mikraj 1443 H Sebagai Momentum Evaluasi Diri

Dirincikan, poin pertama, shalat lima waktu dalam sehari-semalam akan membuat kehidupan sosial muslim menjadi lebih bagus. Shalat juga disebut menjamin kebahagiaan, kesejahteraan hingga ketenangan bagi yang mengerjakannya. Selain itu, permasalahan dan beban hidup juga akan mudah terselesaikan.

“Kalau ingin hidup itu tertata sosial dengan baik hingga gerak ekonomi yang bagus, maka shalatlah,” ujarnya.

Kata Dr Abizal, jika dalam sebuah keluarga semuanya mengerjakan shalat, maka Allah akan memudahkan persoalan kehidupan keluarga tersebut.

Begitu juga dalam sebuah pemerintahan, lanjutnya, jika para pemimpin dan rakyatnya selalu mengerjakan shalat, maka akan dipermudah segala urusan dalam mencapai kesejahteraan rakyat berikut pemimpin di daerah itu.

Baca Juga :   Perdana di Abdya, Gampong Guhang Blangpidie Gelar Musdes Penetapan RJPMG 2023-2028

“Allah akan membukakan pintu-pintu keberkahan dari langit dan bumi,” sebut Ustadz Abizal.

Pria yang juga dosen tetap di UIN Ar Raniry Banda Aceh itu juga menyebutkan, bahwa kenyataan saat ini banyak muslim cenderung mengabaikan shalat.

“Seperti yang terlihat di warung-warung kopi saat sedang berlangsungnya shalat Magrib. Memang waktu azan Magrib itu dia tutup, tutup pintunya saja, tapi di dalam masih beraktivitas,” kata Ustadz Abizal.

Sementara poin kedua, sebut dia lagi, adalah pemaknaan shalat dalam membentuk kesalehan sosial masyarakat, karena shalat akan mencegah seseorang dari perbuatan keji dan mungkar.

Baca Juga :   Sejumlah Kepala Daerah di Aceh Jenguk Gubernur Nova dengan Prokes Ketat

Dicontohkan, orang yang benar-benar mengerjakan shalat dengan baik akan menjauhkan diri dari perbuatan zina, korupsi, mencuri dan lainnya.

Sedangkan poin ketiga disebutkan, shalat akan mempersatukan ummat. Dengan shalat berjamaah akan terbangun rasa persatuan yang kuat dalam kehidupan masyarakat.

“Kalau kita ingin bersatu, ingin masyarakat bagus, maka shalat berjamaahlah,” pesan Dr. Abizal.

Kegiatan yang diawali dengan shalat isya berjamaah itu diikuti Gubernur Aceh Nova Iriansyah, berserta pejabat Forkopimda Aceh, staf ahli gubernur, hingga para pejabat di lingkungan Setda Aceh.

Selain itu juga masyarakat umum yang merupakan jamaah shalat isya. Peringatan Isra’ Mi’raj kali ini mengusung tema “Pemaknaan shalat dalam membentuk kesalehan sosial.” (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *