Warga Lhung Tarok Antusias Gunakan Hak Pilih di Pilchiksung Serentak Abdya

Tampak Babinsa, Babinkamtibmas dan pengawas sedang memantau pelaksanaan Pilchiksung di Gampong Lhung Tarok, Blangpidie, Selasa (22/3/2022).

GLOBAL BLANGPIDIE – Warga di Gampong (Desa) Lhung Tarok, Kecamatan Blangpidie, antusias menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan keuchik secara langsung (Pilchiksung) serentak di kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tahun 2022 yang berlangsung hari ini, Selasa (22/3/2022).

Dari pantauan, warga mulai mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pukul 07.30 Wib yang bertempat di halaman Poskesdes setempat untuk menggunakan hak pilihnya. Sementara pemungutan dimulai pukul 08.00 Wib.

Bacaan Lainnya

Warga memilih datang lebih awal untuk menghindari antrean untuk memutuskan siapa sosok keuchik pilihan hati nurani mereka. Sebagian besar adalah pemilih perempuan.

Sebagian warga tampak duduk di lantai teras halaman Poskesdes mengantri sambil menunggu dipanggil oleh Panitia KPPS memasuki area TPS.

“Tadi jam 7 masih sepi warga. Namun anggota P2K dan KPPS serta Linmas sudah di lokasi. Alhamdulillah sekarang sudah ramai dan warga sangat antusias mendatangi TPS yang sudah kita sediakan,” ujar Ketua P2K Lhung Tarok, Wardah usai menggunakan hak pilihnya.

Dia menyebut, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Gampong Lhung Tarok sebanyak 468 hak pemilih dalam satu tempat pemungutan suara (TPS).

“Di sini ada cuma satu bilik suara. Kami targetkan partisipasi pemilih bisa mencapai 90 persen,” ujarnya.

Untuk diketahui, Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) Gampong Lhung Tarok telah menetapkan tiga orang kandidat calon Keuchik yang berhak dipilih masyarakat pada Pilchiksung ini, masing-masing yaitu Nomor Urut 1 Sukardi, Nomor Urut 2 Yusri, S.Pd, dan Nomor Urut 3 Muhammad Jakfar.

Hingga berita ini tayang, suasana pemilihan keuchik masih berlangsung dengan tertib dan aman. Serta dikawal ketat oleh Babinkamtibmas Aipda Saiful R bersama Babinsa Serda Agung Prasetyo, dan Pengawas Pilchiksung utusan Kecamatan Blangpidie, Salman Syarif.

Sementara itu, informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, umumnya warga di Kecamatan Blangpidie sangat antusias mengikuti perhelatan akbar pesta demokrasi rakyat di level gampong ini.

“Alhamdulillah, amatan kami di lapangan seluruh Desa di Blangpidie semua warga yang berhak memilih keuchik tahun ini sangat antusias. Sebab hari ini, warga akan menentukan siapa sosok leader yang akan memimpin Desa mereka selama enam tahun kedepan,” tambah Abdul Haris, salah seorang Panitia Pilchiksung Kecamatan Blangpidie via pesan singkat WhatsApp. (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H