Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaBreaking News

Hasil Sidang Isbat, Kemenag Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh pada Minggu 3 April 2022

401
×

Hasil Sidang Isbat, Kemenag Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh pada Minggu 3 April 2022

Sebarkan artikel ini

GLOBAL JAKARTA – Kementrian Agama (Kemenag) telah menggelar Sidang Isbat penentuan Awal Ramadhan 1443 Hijriah, pada Jumat (1/4/2022) sore.

Hasil sidang tersebut sekitar pukul 19.20 WIB resmi menyebutkan bahwa 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Rapat sidang isbat dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga :   Ini Alasan Kemenag Tak Undang Muhammadiyah di Sidang Isbat

“Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. Ini hasil sidang isbat yang disepakati bersama,” ujar Menag Yaqut saat konferensi pers usai sidang isbat, Jumat (1/4/2022) di Jakarta.

Yaqut menjelaskan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Baca Juga :   1 Ramadhan 1443 H, Ini Daftar 45 Negara mulai Berpuasa pada Sabtu 2 April 2022

Dia menyebutkan, berdasarkan laporan dari tim rukyatul hilal yang berada pada 101 titik dalam 34 provinsi di Indonesia, tidak ada satu pun yang melaporkan telah melihat hilal.

Sehingga dengan demikian, 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Sidang isbat ini melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Baca Juga :   Tiba di Papua, Sekda Aceh Disambut dengan Topi Kehormatan

Selain itu, sidang ini juga melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan sebagainya. Sidang ini mengundang juga pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *