Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Baitul Mal Abdya Salurkan Zakat Senilai Rp 1,7 Milyar Lebih

180
×

Baitul Mal Abdya Salurkan Zakat Senilai Rp 1,7 Milyar Lebih

Sebarkan artikel ini
Wabup Abdya, Muslizar MT yang didampingi Kepala Baitul Mal Abdya, Wahyudi Satria serta undangan lainnya berfoto bersama para mustahik, usai penyaluran zakat simbolis di Aula Lantai I Masjid Baitul Ghaffur, Abdya, Jumat (29/4/2022). (Foto: Agn/Salman)

GLOBAL BLANGPIDIE – Momentum bulan Ramadhan 1443 H ini, Baitul Mal Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menyalurkan zakat untuk masyarakat di kabupaten setempat dengan total anggaran Rp 1,7 milyar lebih.

Hal itu disampaikan Kepala Baitul Mal Abdya, Wahyudi Satria dalam laporannya saat kegiatan penyaluran zakat secara simbolis untuk kategori senif fakir, fakir uzur, dan miskin di Aula Lantai I Masjid Agung Baitul Ghaffur, Blangpidie, Jumat (29/4/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Jumlah mustahik yang menerima zakat diantaranya kategori senif fakir dan senif miskin,” ujar Wahyudi.

Wahyudi merincikan, untuk kategori senif fakir terdiri dari santunan fakir uzur sebanyak 152 orang dengan jumlah yang diterima Rp 1 juta per jiwa dan total anggaran Rp 152 juta.

Baca Juga :   Puluhan Anak di Simeuleu Ikuti Khitanan Massal Gratis

“Sedangkan, untuk kategori santunan fakir sebanyak 304 orang dengan jumlah yang diterima masing-masing mustahik Rp 1 juta per jiwa, serta total anggaran Rp 304.000.000,” sambungnya.

Selanjutnya, kata Wahyudi, adalah kategori senif miskin yang berjumlah 2.190 orang. Jumlah santunan miskin ini diterima Rp 600.000 per jiwa. Dan total angggaran yang terkumpul melalui Baitul Mal untuk kategori senif miskin ini sebesar Rp 1.314.000.000.

“Total mustahik yang menerima zakat tahun ini secara keseluruhan berjumlah 2.646 orang dengan total anggaran yang terkumpul dari para muzakki sebesar Rp 1.770.000.000,” sebutnya.

Dia berharap, dengan telah tersalurkan zakat ini dapat membantu masyarakat fakir dan miskin di Abdya dalam memenuhi kebutuhan menghadapi hari meugang dan hari raya Idul Fitri 1443 H.

Baca Juga :   Pilchiksung Durian Rampak, Tiga Calon Keuchik Perebutkan 766 Suara

“Terimakasih kami ucapkan kepada bapak ibu yang telah mempercayakan penyaluran zakat melalui Baitul Mal Abdya. Semoga yang kita lakukan senantiasa mendapat bimbingan, petunjuk, dan ridha dari Allah SWT, Amin,” ucap Wayhudi.

Wakil Bupati (Wabup) Abdya Muslizar MT yang hadir dalam kegiatan penyaluran zakat simbolis itu mengatakan, Baitul Mal Abdya terus berinovasi dan berkontribusi dalam hal peningkatan sumber zakat di setiap lembaga pemerintah dan lembaga BUMD, serta lembaga pihak ketiga yang dapat meningkatkan potensi zakat di Abdya.

Wabup menegaskan, perlu dibentuk unit-unit pengumpul zakat (UPZ) di setiap gampong-gampong dan pusat pengumpulan petani sawit di Abdya untuk meningkatkan jumlah angka perolehan zakat di Abdya.

Baca Juga :   Rumah Warga Ie Mirah Abdya Ludes Dilahap Sijago Merah

“Supaya tingkat penyadaran muzakki dalam hal pengeluaran zakat serta adanya metode sosialisasi tentang zakat di setiap lembaga dan pemerintahan Gampong. Akhirnya kedepan masyarakat Abdya dapat hidup layak dan makmur serta dapat menurunkan angka kemiskinan,” kata Wabup Muslizar.

Turut hadir dalam kegiatan penyaluran zakat simbolis itu, Ketua MPU Abdya Tgk Muhammad Dahlan, Kabag Umum Kankemenag Abdya, Khairul Huda, S.Ag, Kepala Sekretariat Baitul Mal Abdya, Drh Amiruddin, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Abdya, Indra Darmawan, dan seluruh personil badan pelaksana zakat, serta pegawai Baitul Mal Abdya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *