Bupati Abdya Resmikan Jembatan Alue Ara-Cot Seumantok

Bupati Abdya Resmikan jembatan Alue Ara Cot Seumantok
Bupati Abdya, Akmal Ibrahim menggunting pita tanda peresmian jembatan Alue Ara-Cot Seumantok di Kecamatan Babahrot, yang disaksikan oleh unsur Forkompimda kabupaten setempat, Selasa (1/3/2022. (Foto: Ist)

GLOBAL BLANGPIDIE – Jembatan rangka baja Alue Ara di Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diresmikan oleh Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH, Selasa (1/3/2021).

Jembatan sepanjang 160 meter itu menghubungkan antara kawasan Alue Ara dengan Cot Seumantok, Kecamatan Babahrot.

Jembatan tersebut dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum (PUPR) Kabupaten Abdya dengan menelan anggaran Rp. 37 milyar lebih yang bersumber dana otonomi khsusus Aceh (DOKA) TA 2020-2021.

Dalam peresmian jembatan terpanjang di Abdya itu, Bupati Akmal Ibrahim mengaku sangat bangga dan bersyukur karena telah rampungnya bangunan jembatan tersebut.

Akmal mengatakan jembatan Alue Ara merupakan salah satu janjinya kepada masyarakat ketika berkampanye dahulu.

Saat ini, sebut dia, jembatan terpanjang kedua di Barat Selatan Aceh ini sudah terwujud dengan tepat waktu tanpa ada gesekan dan kendala sedikit pun.

“Terima kasih untuk semua pihak. Ini adalah salah satu bukti Allah SWT merahmati Abdya. Jembatan terpanjang di Abdya yakni 160 meter, dan di Barat Selatan Aceh nomor dua setelah Aceh Singkil, akhirnya siap dibangun,” ujar Bupati Akmal.

Baca juga: Awal 2022, Bupati Akmal Bakal Resmikan Jembatan senilai hampir Rp40 Milyar di Abdya

Ia menjelaskan, pembangunan jembatan Alue Ara mempunyai dampak dan manfaat besar, serta banyak memberikan kemudahan bagi masyarakat terutama mempermudah akses transportasi menuju kawasan pelabuhan Surin dan perkebunan sawit rakyat.

Dengan adanya jembatan Alue Ara, maka ekonomi masyarakat sekitar juga akan menjadi meningkat. “Ini bagian dari program pembangunan peningkatan ekonomi masyarakat,” imbuh Akmal.

Bupati Akmal menyampaikan, dengan hadirnya jembatan tersebut juga akan menurunkan biaya atau cost pengangkutan hasil panen sawit milik masyarakat.

“Seperti, biaya angkutan produksi sawit yang tentunya turun. Sebab, jaraknya tidak lagi seperti sebelum adanya jembatan,” katanya.

Akmal juga menambahkan, manfaat dari pembangunan jembatan Alue Ara juga memangkas jarak tempuh warga Cot Seumantok yang bepergian ke pasar Kecamatan yang sebelumnya harus menempuh jarak 13 kilometer, namun setelah jembatan ini terbangun hanya menempuh jarak 1 kilometer saja.

“Dengan adanya jembatan ini, semoga makin memudahkan rakyat dalam beraktifitas. Ini salah satu momentum terakhir saya menjabat sebagai Bupati Abdya,” pungkasnya.

Dalam peresmian jembatan tersebut, turut dihadiri oleh Ketua DPRK Abdya, Nurdianto dan sejumlah anggota, Wabup Muslizar MT, Sekda Salman Alfarisi ST, Kapolres AKBP Muhammad Nasution SIK, Dandim Letkol Inf Roqich Hariadi, Ketua MPU Tgk Muhammad Dahlan, serta para pejabat unsur Forkopimda lainnya dan Forkopimcam di kabupaten setempat. (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H