Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Catat! Ini Jadwal Turun ke Sawah Petani MT Gadu 2022 di Abdya

201
×

Catat! Ini Jadwal Turun ke Sawah Petani MT Gadu 2022 di Abdya

Sebarkan artikel ini
Pemkab Abdya melalui Distanpan Abdya mengadakan musyawarah pra turun sawah musim tanam MT Gadu l Tahun 2022, Kamis (21/04/2022). (Foto: Ist)

GLOBAL BLANGPIDIE – Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Kadistanpan) Aceh Barat Daya (Abdya), Drh. Nasruddin mengatakan jadwal turun sawah atau pengolahan tanah pada musim tanam (MT) Gadu 2022 ini disepakati pada Minggu kedua April sampai bulan Mei 2022.

Sementara, penanaman padi dijadwalkan Minggu pertama Mei sampai Agustus. Sehingga, dengan jadwal tersebut, maka ditargetkan masa panen diperkirakan September 2022.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“InsyaAllah apa yang menjadi target kita bersama bisa tercapai dengan segala upaya dan peran aktif petani kita,” ujar Nasruddin dalam musyawarah pra turun sawah musim tanam MT Gadu l Tahun 2022, Kamis (21/04/2022).

Baca Juga :   Pemkab Abdya Buka Seleksi Komisioner Baitul Mal, Ini Kriteria dan Syaratnya

Dia berharap, agar petani harus benar-benar memanfaatkan Alsintan dari Pemerintah seperti Hand Traktor, Traktor 4 WD, Combine dan sarana irigasi, agar proses pengolahan tanah bisa lebih cepat.

“Untuk para petani tidak mesti menunggu adanya Traktor 4wd mengingat keterbatasan jumlahnya sehingga para petani harus bisa menggunakan Hand Traktor,” katanya.

Baca Juga :   KONI Subulussalam Rapat Bahas Persiapan Hadapi PORA XIV

Sementara itu, Sekda Abdya, Salman Alfarisi dalam sambutannya menjelaskan, pada MT Rendengan 2021/2022 ini yang sudah tanam seluas 8.299 Ha dan sedang dilaksanakan panen sampai pertengahan April.

Menurutnya, data yang diperoleh sementara, lahan seluas 3.938 Ha dengan hasil Ubinan (Produktivitas) rata-rata 7,40 Ton/Ha dengan perkiraan produksi 29.141,20 kg. Meskipun ada kendala yaitu kekeringan akibat adanya jaringan irigasi yang rusak, namun hal tersebut dapat diatasi.

Baca Juga :   Camat Dampingi Personel Kodim Aceh Utara Salurkan Bantuan Tunai

“Dengan kerjas sama yang baik semua pihak, sesuai dengan tugas dan fungsi sehingga petani Abdya dapat diperoleh hasil yang baik,” ujar Salman.

Acara musyawarah tersebut berlangsung di Aula Rapat Dinas setempat dan dibuka langsung oleh Sekda Abdya, Salman Alfarisi. Turut hadir Asisten ll Much Tavip, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Kadistanpan) Drh. Nasruddin, para Camat, para Keujrun dan Hob Keujrun serta undangan lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *