Empat Instansi Pemkab Abdya Buka Puasa Bersama dengan Masyarakat dan Musafir

Warga Abdya berbuka puasa di Masjid Agung Baitul Ghaffur yang disediakan oleh Pemkab setempat, Jum'at (29/4/2022). (Foto: Agn/Salman)

GLOBAL BLANGPIDIE – Empat instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya (Abdya), menggelar buka puasa bersama masyarakat dan para musafir yang singgah di Masjid Baitul Ghaffur, Gampong Seunaloh, Blangpidie, Jum’at (29/4/2022).

Adapun keempat instansi itu yakni, Baitul Mal Abdya, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Majelis Adat Aceh (MAA), dan Majelis Pendidikan Daerah (MPD) kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana diketahui, buka puasa bersama di Masjid Baitul Ghaffur ini rutin saban hari difasilitasi oleh Pemkab Abdya, mulai dari dinas, badan dan lembaga instansi lainnya di daerah itu.

Yang hadir untuk berbuka puasa bersama di masjid kebanggaan masyarakat Abdya itu bukan hanya orang-orang dewasa saja, namun juga ikut diramaikan oleh anak-anak.

Ketua MPD Abdya, Darwis mengatakan program buka puasa bersama masyarakat yang digagas pemerintah daerah ini sudah sepatutnya di acungkan jempol dan didukung bersama-sama.

“Ini merupakan hal positif yang mesti kita pertahankan, konon lagi buka puasa bersama ini juga merupakan sebuah media pendidikan untuk anak-anak dalam melanjutkan syiar Islam pada masanya nanti,” ujar Darwis saat ditemui wartawan.

Tokoh Abdya yang akrap disapa Nek Abu ini menambahkan, masjid merupakan salah satu tempat edukasi dan pembentukan karakter anak-anak usia dini.

“Selain itu, kita juga dapat saling berbagi bersama jama’ah masjid, masyarakat umum dan terutama kepada musafir,” kata Nek Abu.

Hal senada juga dikatakan Ketua MAA Abdya T. Cut Amri. Ia menuturkan kegiatan buka puasa bersama merupakan budaya leluhur yang harus selalu dijaga oleh setiap generasi.

“Buka puasa bersama merupakan adat kebiasaan masyarakat Aceh atau umat muslim pada umumnya. Selama itu, agenda seperti ini juga menjadi wadah silaturrahmi antar umat muslim,” ungkapnya.

Dia berharap di tahun mendatang, Pemkab Abdya tetap melanjutkan tradisi seperti ini.

“Kedepan siapapun Bupatinya, kita berharap program puasa bersama di Masjid ini tetap berlanjut,” imbuh Cut Amri.

Pantauan media ini, diakhir-akhir penghujung Ramadhan ada 1.000 hingga 2000 orang jama’ah yang setiap harinya berbuka puasa bersama di Masjid Agung Baitul Ghaffur Abdya.

Pada buka puasa bersama keempat instansi di lingkungan Pemkab Abdya itu juga ikut dihadiri Ketua MPU Abdya Tgk Muhammad Dahlan (Abu Dahlan), Ketua Baitul Abdya, Wahyudi Satria.(*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H