Massa di Abdya Gelar Aksi Damai Bela Islam Minta Jokowi Pecat Menteri Agama

Massa dari sejumlah Ormas dan OKP Islam menggelar "Aksi Damai Bela Islam" di halaman Masjid Agung Baitul Ghaffur, Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Rabu (3/3/2022).

GLOBAL BLANGPIDIE – Seratusan massa di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar aksi unjuk rasa dengan tema “Aksi Damai Bela Islam” di halaman Masjid Agung Baitul Ghaffur, Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Rabu (3/3/2022).

Aksi damai bela Islam itu digelar karena buntut dari statmen kontroversial Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang menjadi viral di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Massa menyebut, pernyataan Menag Yaqut yang menganalogikan lantunan suara azan dengan gonggongan suara anjing dinilai telah menyakiti hati ummat Islam di Indonesia, khususnya hati ummat Islam di Aceh dan Abdya.

“Aksi damai ini menyahuti aspirasi ummat Islam di Abdya menyikapi pernyataan Menteri Agama yang kontroversi, menganologikan atau perumpamaan suara azan dengan gonggongan suara anjing. Statmen Menag dinilai telah menyakiti hati ummat Islam di Indonesia,” ujar Korlap Aksi Damai Bela Islam Abdya, Julinardi saat diwawancarai wartawan di lokasi aksi.

Ia menyebut, bahwa aksi ini tidak dalam konteks mengoreksi Surat Edaran Menag, melainkan hanya menyikapi statement kontoversial dari Menteri Agama saja.

“Point utama dari aksi damai ini, seluruh peserta aksi menyuarakan agar Bapak Presiden Jokowi memberhentikan Yaqut Cholil Qoumas dari jabatannya sebagai Menteri Agama,” tutur Julinardi.

Amatan Acehglobalnews.com, Ormas dan OKP Islam yang mengikuti aksi unjuk rasa damai ini terdiri dari HUDA, Tastafi, Perti, Sapma PP, Aswaja, Kaswaja Abdya, OPI, dan Ikatan Santri Salafiah Aceh, serta Komunitas Muslim Indonesia.

Dalam menggelar aksinya, para perwakilan dari beberapa Ormas dan OKP Islam di Abdya ini melakukan orasinya secara bergantian.

Salah seorang orator dari perwakilan Ormas dan OKP Islam yang berorasi meminta Presiden Joko Widodo untuk memberhentikan Yaqut Cholil Qoumas dari jabatannya sebagai Menag.

“Kami atas nama ummat Islam di Kabupaten Aceh Barat Daya meminta Presiden Jokowi untuk memecat Yaqut dari jabatannya sebagai Menteri Agama Republik Indonesia,” pinta salah seorang orator.

Dari beberapa helai spanduk yang dipegang oleh peserta aksi juga menuliskan “Pak Jokowi Pecat Menteri Agama yang Sudah Bikin Gaduh.”

Aksi damai bela Islam tersebut berlangsung sejak pukul 15.00 WIB dikawal ketat oleh Aparat Kepolisian setempat.

Massa kemudian baru membubarkan diri setelah menyampaikan beberapa tuntutan dan pernyataan sikap. Setelah itu mereka melaksanakan Shalat Ashar berjamaah di Masjid Agung Baitul Ghaffur.

Berikut isi pernyataan sikap pada Aksi Damai Bela Islam yang disuarakan oleh Ormas dan OKP Islam di Abdya:

1. Meminta Kepada Saudara Yaqut Cholil Qoumas agar membuat Surat Pernyataan tertulis utk memohon ma’af kepada seluruh ummat Islam, serta segera bertaubat mohon ampun kepada Allah SWT .

2. Meminta kepada Presiden Jokowi, agar segera memberhentikan Saudara Yaqut Cholil Qoumas dari jabatannya sebagai Menteri Agama RI.

3. Meminta kepada Kapolri agar segera memproses hukum Yaqut Cholil yg telah melakukan perbuatan melawan hukum (penistaan Agama Islam). (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H