Polres Abdya Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim membacakan amanat Kapolri saat menjadi inspektur pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 di halaman Mapolres setempat, Kamis (23/12/2021). (Dok. Humas Polres Abdya).

GLOBAL BLANGPIDIE – Kepolisian Resort (Polres) Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin tahun 2021 yang berlangsung di halaman Mapolres setempat, Kamis (23/12/2021).

Kegiatan Apel Gelar Pasukan itu bertujuan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada pelaksanaan Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Bacaan Lainnya

Dalam Apel Gelar Pasukan tersebut, Bupati Abdya Akmal Ibrahim bertindak sebagai Inspektur dan sekaligus membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Sementara, Komandan Apel didapuk KBO Satsamapta Polres Abdya, IPDA Iwan Temas.

Bupati Akmal Ibrahim saat membacakan amanat Kapolri mengucapkan rasa syukur atas pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 yang diselenggarakan serentak di seluruh jajaran Polri di Indonesia.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin- 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya,” kata Akmal.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

“Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcarlantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” tuturnya.

Karena itu, tambah Bupati Akmal, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 selama 10 hari sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Operasi tersebut dengan tetap mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, serta mensukseskan kegiatan vaksinasi nasional menuju herd imunity, sehingga masyarakat dapat beraktifitas dan merayakan Natal-Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Akmal juga menyampaikan beberapa penekanan dalam amanat Kapolri untuk dilaksanakan guna mendukung keberhasilan tugas operasi lilin 2021, diantaranya dengan mempersiapkan mental, fisik serta kesehatan, melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Selain itu, seluruh jajaran Polri juga diminta meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momen Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

Sebelum mengakhiri amanat Kapolri, Bupati Akmal menghaturkan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2021.

“Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di
hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” tutupnya.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 ini, turut dihadiri Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf. Roqich Hariadi, Kajari Abdya, Nila Wati SH, MH.

Kemudian, anggota DPRK Abdya, Sardiman, Kadishub Rahwadi, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Mawardi, Kabid Trantib Satpol PP/WH Saiful Amani, serta para pejabat Polres setempat.

Sementara itu, peserta Apel terdiri dari personil Kodim 0110 Abdya, Denpom Abdya, Lanal Abdya, Personil Polres dari unit Samapta, Unit Reskrim, Unit Intel, Unit Narkoba, Unit Satlantas, Satpol PP/WH, Dishub, Nakes, Damkar, BPBD dan RAPI. (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H