Warga Apresiasi Kinerja P2K Gampong Durian Rampak Susoh Abdya

Warga, Salman/Foto: Acehglobalnews.com

GLOBAL BLANGPIDIE – Pesta demokrasi rakyat Pemilihan Keuchik secara langsung (Pilchiksung) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sudah hampir dekat.

Perhelatan akbar untuk memilih Keuchik definitif periode 2022-2028 ini akan digelar secara serentak pada Maret 2022 mendatang.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan Pilchiksung ini mengacu pada Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Keuchik di Aceh, serta Perbup Abdya Nomor 61 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pilchiksung serentak di Abdya.

Dalam penyelenggaraan, kegiatan Pilchiksung dijalankan oleh Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) yang sebelumnya sudah terbentuk di setiap gampong dalam Kabupaten Aceh Barat Daya.

Seperti halnya di Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh dimana Tim P2K sudah terbentuk pada Januari 2021 lalu oleh lembaga Tuha Peut gampong setempat.

Terbentuknya lembaga instrumen pemilihan Keuchik (P2K) yang diisi oleh putra-putri terbaik Gampong Durian Rampak itu, menuai respon positif dan bahkan diapresiasi oleh salah seorang warga gampong tersebut, yakni Salman (37), Sabtu (26/2/2022) di Blangpidie.

Menurutnya, sejak terbentuknya P2K di Gampong Durian Rampak, tim tersebut telah menjalankan tugas dan perannya dengan sangat baik.

“Semenjak awal terbentuk, rekan-rekan P2K telah membuktikan dedikasinya, yaitu berniat ingin menyukseskan pemilihan keuchik dapat berjalan secara damai, jurdil dan transparan, serta sesuai dengan tahapan-tahapan yang ditetapkan pemerintah daerah,” ungkap Salman.

Tim P2K, menurutnya, juga dinilai profesional, sangat terbuka dan kerap menyampaikan informasi terkait tahapan-tahapan pelaksanaan Pilchiksung kepada masyarakat, baik melalui pengeras suara di Masjid, maupun baliho atau spanduk, dan juga di papan-papan informasi gampong.

Ia menyebut, bahwa langkah dilakukan oleh tim P2K tersebut sudah sangat tepat dan memiliki nilai yang positif, dikarenakan secara tidak langsung telah memberikan edukasi bagi masyarakat.

“Ini sangat positif dan mengedukasi masyarakat, sehingga kami tahu sejauh mana perkembangan tahapan-tahapan pelaksanaan Pilchiksung di dalam gampong kami,” katanya.

Karena itu, Salman mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program kerja P2K tersebut, dan juga meminta seluruh masyarakat agar turut berpartisipasi pada hari H saat pemilihan keuchik di bulan Maret 2022 akan datang.

“Mari kita dukung program tim P2K kita, karena mereka bekerja dengan penuh semangat, dan ikhlas, padahal dana untuk kegiatan Pilchiksung ini belum dicairkan oleh Pemerintah, namun mereka sudah menampakkan hasil kerja yang bagus dan profesional. Ini patut kita berikan apresiasi,” ujarnya.

Salman juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim P2K Gampong Durian Rampak yang sejak awal telah berkerja tanpa mengenal lelah, dan juga mendoakan setiap gerak langkah dan pekerjaan mereka agar penyelenggaraan pemilihan Keuchik ini meraih kesuksesan, serta diharapkan selesai hingga tepat pada waktunya.

“Harapan saya kepada seluruh masyarakat agar kita tidak golput pada Pilchiksung ini, karena ketiga kandidat calon keuchik di gampong kita adalah putra-putra terbaik di Gampong Durian Rampak, Susoh ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, struktur P2K Gampong Durian Rampak diketuai oleh Eriswan HM, Wakil Ketua Mustaizar Munir, Sekretaris Rahayu Afriana, serta anggota yang terdiri dari Iswardi, Imran Simamora, Suryandra Jalil, Nazaruddin, Widya Sari dan Andri Sukarni. (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H