Putri Eka Sari Berbagi Tips Agar Puasa Sehat dan Bermamfaat Bagi Tubuh

Putri Eka Sari, Mahasiswi Fakultas Kedokteran USK. (Foto: Ist)

GLOBAL BANDA ACEH – Terkadang dalam menjalankan ibadah puasa, kita sering direndung oleh aneka ujian sehingga tak jarang membuat kita merasa khawatir dalam menjalankan ibadah puas.

Sebut saja salah satunya adalah tentang kesehatan selama berpuasa karena selain aktifitas yang padat cuaca ekstrim juga sangat berpengaruh bagi kondisi tubuh kita.

Pertanyaan yang muncul selanjutnya apakah selama bulan Ramadhan aktivitas dan ibadah lainnya akan ikut terganggu?

Menurut Putri Eka Sari khawatir yang muncul itu terkadang karena ada sebagian kita belum begitu paham dengan puasa sehingga muncul kekhawatiran.

Padahal, Kata Mahasiswi Kedokteran Universitas Syiah Kuala itu, Puasa itu tidak hanya menahan haus dan lapar saja, ternyata puasa juga berpengaruh baik untuk kesehatan kita.

Sehingga Kata wanita yang Akrap disapa Putri itu, Masyarakat tidak perlu khawatir imunitasnya akan menurun saat berpuasa. Karena puasa sebenarnya hanya menggeser jam makan dan minum anda.

Jadi, kebutuhan makan dan minum selama berpuasa akan terpenuhi kembali pada saat berbuka puasa dan sahur dengan pemilihan makanan yang sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh anda.

Dalam al-qur’an juga telah disebutkan manfaat baik dari berpuasa yang terdapat pada penggalan surat al-baqarah ayat 184 yaitu :

وَاَنۡ تَصُوۡمُوۡا خَيۡرٌ لَّـکُمۡ اِنۡ كُنۡتُمۡ تَعۡلَمُوۡنَ

wa an tasuumuu khairul lakum in kuntum ta’lamuun

Yang artinya : dan puasamu itu lebih baik, jika kamu mengetahui.

Mungkin selama ini kita lebih familiar dengan informasi manfaat berpuasa dari segi agama nya saja. Maka dari itu, mari kita bahas tentang manfaat berpuasa dari segi Kesehatannya juga.

Pada salah satu tayangan program Kesehatan dr.OZ di trantv telah membahas beberapa manfaat berpuasa dari segi Kesehatan.

Manfaat yang pertama yang di bahas adalah manfaat Berpuasa yang dapat mengistirahatkan sistem pencernaan, disini maksudnya bukan tidak bekerja sama sekali tetapi jika dalam keadaan normal lambung akan menerima makanan tiap 6-8 jam, yang selanjutnya makanan tersebut akan diturunkan ke usus halus, dan pankreas yang memproduksi enzim-enzim pada proses pencernaan, maka pada saat berpuasa organ-organ tersebut bekerja jauh lebih ringan dari pada saat kita tidak berpuasa.

Contohnya pankreas yang juga turut mengurangi aktivitasnya dalam memproduksi enzim-enzim pada tubuh. maka saat kita berpuasa dengan kita tidak mengkonsumsi makanan dan minuman, makanan yang diproses oleh organ pencernaan menjadi sangat berkurang dari hari biasanya, dengan berkurangnya aktivitas organ-organ tersebut, memberikan kesempatan bagi organ-organ tersebut untuk dapat memperbaiki diri yaitu dengan melakukan regenerasi.

Manfaat selanjutnya adalah puasa dapat menyehatkan jantung dan pembuluh darah. faktanya jika terjadi pembatasan kalori dengan asupan kalori yang kita kurangi saat puasa. Sebelumnya sudah kita bahas bahwa 6-8 jam makanan berada didalam lambung untuk diproses, yang selanjutnya 10 jam kemudian akan terjadi penghancuran lemak.

Dalam proses penghancuran lemak ini, banyak lemak-lemak atau kolesterol jahat yang dihancurkan. Maka diharapkan dengan berpuasa secara benar akan membuat berat badan anda turun. Bukan malah menambah berat badan dengan mengkonsumsi banyak makanan tinggi lemak dan kolesterol.

Manfaat berpuasa juga akan lebih baik jika diikuti dengan berbagai kegiatan shalat tarawih dan shalat sunah lainnya. Karena semakin banyak anda menggerakan tubuh anda, maka semakin mempermudah anda menurunkan berat badan dan menjaga Kesehatan anda. Maka manfaat secara Kesehatan dan Agama dapat anda rasakan sepenuhnya.

Perlu diketahui saat berbuka puasa anda harusnya hanya makan dengan porsi makan malam anda saja, artinya porsi yang anda konsumsi cukup porsi satu kali makan saja. bukan malah menggabungkan makan siang dan makan malam dengan jumlah kalori yang cukup besar.

Pada saat sahur juga anda perlu memperhatikan asupan kalori yang anda konsumsi, jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu berat untuk diproses oleh tubuh anda, Karena pada saat anda sahur, begitu anda bangun tidur, anda akan langsung makan, jika anda langsung mengonsumsi kalori yang tinggi dan sulit dicerna maka kerja organ pencernaan anda akan menjadi lebih berat.

Usahakan saat berbuka dan sahur, anda memakan makanan yang baik, yang tinggi serat, tidak terlalu manis, terlalu berminyak serta terlalu banyak kandungan tepung dan lain sebagainya.

Lebih baik anda mencoba mengkonsumsi makanan rebus-rebusan, serta memilih makanan dengan karbohidrat complex agar anda kenyang lebih lama, makanan yang tinggi nilai gizi serta vitamin atau konsumsi makanan yang berbahan makanan alami bukan makanan ultra prosesses food (UPF) yaitu makanan yang banyak mengandung bahan buatan atau diolah oleh pabrik yang tidak cukup baik untuk dikonsumsi secara berlebihan apalagi secara terus menerus.

Jika anda adalah orang yang menyukai makanan manis maka kamu bisa mencoba makanan manis yang alami seperti manis yang dapat kamu dapatkan dari buah-buahan, seperti pada buah kurma dan buah lainnya. Dan apabila kamu ingin tambahan zat manis lainnya, kamu dapat mengganti gula yang biasa kamu gunakan dengan madu asli. Karena madu kaya akan manfaat juga memiliki rasa manis yang alami tentunya bukan manis buatan, dan jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan minum air putih anda.

Dengan pemilihan makanan yang tepat dan tinggi akan nutrisi yang baik bagi tubuh, maka dengan demikian kualitas dan manfaat puasa bisa dinikmati baik dari segi agama maupun dari segi kesehatan.

Manusia butuh untuk mendetoks tubuhnya. Salah satu cara mendetoks tubuh adalah dengan cara berpuasa, umat muslim sendiri jika ingin mendetoks tubuhnya bisa dengan melakukan berbagai puasa sunah. Contohnya puasa Nabi Daud, yaitu dengan cara sehari berpuasa lalu sehari kemudian tidak berpuasa.

Bisa juga dengan berpuasa seminggu dua kali yaitu pada hari Senin dan hari Kamis, Jika Itu juga masih berat dilakukan maka bisa berpuasa tiga hari dalam satu bulan, yang mana puasa sunah itu disebut juga dengan puasa Ayyamul bidh.

Dan ada banyak puasa sunah lainnya selain puasa yang sudah disebutkan diatas. jika memang semuanya terasa berat maka ada puasa yang diwajibkan buat kita semua yaitu puasa pada bulan Ramadan.

setidaknya umat muslim selama satu tahun sekali melakukan detoks tubuh selama satu bulan penuh yaitu di bulan suci Ramadan.

Nah, oleh sebab itu kenapa setelah Ramadhan berlalu kita disebutkan kembali sebagai diri yang Fitrah atau suci, karena bukan hanya rohani kita yang jauh lebih baik tetapi juga tubuh kita yang juga jauh lebih sehat.

Penulis Mahasiswi Prodi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Putri Eka Sari.(*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H