Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Aceh Miliki Syarat Komplit Wujudkan Swasembada Pangan Daerah

430
×

Aceh Miliki Syarat Komplit Wujudkan Swasembada Pangan Daerah

Sebarkan artikel ini
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mendampingi Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo, saat berkunjung ke Gampong Blang Miro, Kecamatan Simpang Tiga, Aceh Besar, Jumat (4/3/2022). (Foto/Ist)

GLOBAL JANTHO – Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo, mengungkapkan Aceh memiliki syarat komplit untuk mendukung terwujudnya swasembada pangan daerah.

Hal itu ia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja Gerakan Panen Padi Bersama Menteri Pertanian di Gampong Blang Miro, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (4/3/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Syahrul menyebut, ada 5 kelebihan yang dimiliki Aceh sehingga mampu mendukung ketersediaan kebutuhan pertanian dan perkebunan daerah khususnya terkait pangan, yakni; Pertama, Aceh dikaruniai wilayah pertanian yang luas, indah, dan subur.

Baca Juga :   Motivasi Personel, Kapolres Abdya Kunker ke Polsek-Polsek

“Tidak Banyak ada tempat dan wilayah yang seperti ini, air, pegunungan, bukit, lahan sawah luas dan indah bahkan matahari. Keindahan ini adalah karunia Allah. Jadi Jangan salah memperlakukan pertiwi ini,” katanya.

Kemudian, kedua, mayoritas masyarakat Aceh banyak menggeluti profesi pertanian. Apalagi, pribumi tanah rencong ini juga dikenal dengan semangat pantang mundur dan kerja keras.

Baca Juga :   KKR Aceh Gelar Bimtek Petugas Pengambilan Pernyataan

Ketiga, Aceh juga didukung dengan pemerintah yang sangat peduli terhadap pengoptimalan pembangunan dan pengembangan sektor pertanian.

Keempat, untuk mendukung itu diperlukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk memberikan sumbangan nyata demi mendukung perkembangan pertanian, yaitu melalui intervensi keilmuan pertanian yang mumpuni, dengan begitu teknik budidaya tanaman akan menghasilkan produk yang berkualitas.

“Jangan ragu untuk mendatangkan orang pintar untuk memperbaik ilmu pertanian kita akan produktivitas meningkat,” ujarnya.

Lebih lanjut, yang kelima, kata Syahrul, hal tidak kalah penting adalah perdamaian agar semua potensi tersebut bisa berjalan dengan maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan.

Baca Juga :   Anak Aceh yang Miliki KIA Dapat Diskon di Sepuluh Tempat Usaha

“Saling menghargai jangan suka bertengkar dan banyak protesnya dari pada bekerja,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo juga menyerahkan bantuan Program Kementerian Pertanian TA 2022 senilai Rp82.6 Milyar kepada Gubernur Aceh.

Dana itu diperuntukkan untuk pengembangan sektor pertanian di Bumi Serambi Mekkah. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News