Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Ulama Kharismatik Aceh Abu Tumin Blang Blahdeh Wafat

232
×

Ulama Kharismatik Aceh Abu Tumin Blang Blahdeh Wafat

Sebarkan artikel ini
Tgk Muhammad Amin Mahmud atau yang dikenal Abu Tumin Blang Blahdeh. (Foto: Facebook)

Bireuen, AcehGlobalnews.com — Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un… Ulama kharismatik Aceh, Tgk Muhammad Amin Mahmud atau yang dikenal Abu Tumin Blang Blahdeh, wafat, Selasa (27/9/2022).

Informasi Abu Tumin wafat beredar luas di media sosial, baik di Facebook, Whatsapp dan Instagram.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Wafatnya Abu Tumin meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat Aceh.

Baca Juga :   Rombongan Kankemenag Aceh Utara Takziah ke Rumah Alm Abu Tumin

“Innalilahi wa innailaihi Raji’un, telah berpulang ke Rahmatullah Tgk Muhammad Amin Mahmud (Abu Tumin Blang Blahdeh) pada pukul 15:45 di RS Fauziah, Bireuen, semoga Allah menempatkan beliau di surga jannatun nain, dan keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan oleh Allah SWT,” tulis H Ruslan M Daud, salah satu Anggota DPR RI asal Aceh di akun Facebooknya, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga :   Dukung Gerakan Zakat Indonesia, Gubernur Aceh Terima Anugerah BAZNAS Award 2022

Dilansir dari laduni.id, Abu Tumin adalah pimpinan Dayah Al Madinatuddiniyah Babussalam Blang Bladeh, Jeumpa, Bireuen. Dayah ini berdiri pada tahun 1890 oleh Tgk H. Imam Hanafiah yang merupakan kakek Abu Tu Min.

Abu Tumin lahir pada tanggal 17 Agustus 1932, di desa Kuala Jeumpa, kemukiman Blang Bladeh Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen. Beliau merupakan putra dari pasangan Ayah Tgk. H. Mahmud Syah dan ibu Khadijah.

Baca Juga :   Diduga KDRT, Seorang Suami di Bener Meriah Terancam Dipenjara

Abu Tumin menikahi Ummi Mujahidah. Buah dari pernikahannya, beliau dikaruniai enam orang anak, diantaranya, Khairiyah Faridah, Amirullah Syahirman, Haidar Syahminar, Muhammad, Khadijatul Mutsanna, dan Marhaban Isyatul Mardhiah. (*)