Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Peduli Gaza, Ma’had Ibnu Sina Bersama Dewan Dakwah Abdya Galang Dana Untuk Palestina

812
×

Peduli Gaza, Ma’had Ibnu Sina Bersama Dewan Dakwah Abdya Galang Dana Untuk Palestina

Sebarkan artikel ini
Para santri di Yayasan Ma'had Ibnu Sina GER, Desa Padang Sikabu, Kecamatan Kuala Batee, Abdya melakukan aksi penggalangan dana untuk warga Palestina, Sabtu (14/10/2023). Foto: Acehglobal/Salman.

Blangpidie – Ma’had Ibnu Sina Global Ehsan Relife (GER) bersama Dewan Dakwah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu warga Palestina yang terdampak konflik dengan Israel.

Aksi penggalangan dana tersebut dilakukan pada dua titik, yaitu Jalan Nasional depan Masjid Jamik At-Taqwa Padang Sikabu dan Jalan Nasional depan Lapangan Persada, Blangpidie.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Menurut Pimpinan Ma’had Ibnu Sina GER, Iin Supardi, M.E.I, aksi penggalangan dana untuk umat Islam di Palestina tersebut mendapat respon positif dari masyarakat.

“Alhamdulillah, pada hari pertama penggalangan dana ini, kami berhasil mengumpulkan Rp 11.340.000. InsyaAllah akan kita lanjutkan besok dan seterusnya  guna membantu saudara kita di Gaza Palestina,” kata Iin Supardi kepada Acehglobal, Sabtu (14/10/2023).

Dana yang terkumpul akan disalurkan kepada Global Ehsan Relief (GER), salah satu lembaga kemanusiaan yang telah menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Palestina.

Baca Juga :   Tak lagi Mengular, Antrian BBM di SPBU Seulawah Semakin Membaik

“Saat ini, GER juga tengah mendistribusikan berbagai bantuan kemanusiaan di wilayah Gaza dan sekitarnya di Palestina,” ujar Iin Supardi.

Menurut Country Manager GER untuk Indonesia, Intan Maulida, bantuan kemanusiaan ini berasal dari para donatur di 7 negara dimana cabang-cabang GER berada, salah satunya di Indonesia. GER bertekad terus berkontribusi mengurangi penderitaan warga Gaza yang saat ini sedang mengalami krisis kemanusiaan.

“Enam negara lainnya yaitu Singapura, Malaysia, Kamboja, Srilanka, Pakistan dan UK,” sebut Intan.

Intan menjelaskan, sejak 10 Oktober 2023, bantuan kemanusiaan yang telah disalurkan GER di Palestina antara lain 1.250 porsi makanan hangat, 100 paket besar bahan pangan, dan ratusan liter bahan bakar minyak untuk menghidupkan generator rumah sakit di Gaza akibat aliran listrik yang terbatas.

Dia mengajak masyarakat Indonesia khususnya Aceh, untuk terus berdonasi membantu kaum muslimin di Gaza, Palestina.

Baca Juga :   Hujan Deras Rendam 105 Rumah di Simeulue Barat

“Bantuan yang telah disalurkan baru satu tahap saja. Masih banyak sekali yang masih harus kita lakukan. Kami mengajak saudara-saudara, warga Aceh terus mengulurkan tangan demi membantu saudara kita yang tengah berusaha bertahan hidup di Gaza,” ajak Intan.

Masyarakat dapat menyalurkan bantuan ke Gaza melalui uang tunai, kotak-kotak donasi GER yang tersebar di beberapa titik, dan calengan yang bisa didapatkan dengan menghubungi tim GER. Selain itu juga dapat melalui transfer donasi melalui nomor rekening bank, yaitu BSI 5050-500-224 dan Bank Aceh Syariah 010-010-800000-82.

Menurut data United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA), jumlah korban jiwa di Palestina akibat perang yang berkecamuk sejak 7 Oktober lalu, mencapai 1.126 orang dan korban luka-luka 5.766 orang.

Jika dirinci berdasarkan lokasi, korban Palestina paling banyak berada di Gaza, yakni korban jiwa 1.100 orang dan korban luka 5.339 orang. Sementara, di wilayah Tepi Barat korban jiwanya 26 orang dan korban luka 427 orang. (Sayed M. Husen).

Baca Juga :   Relawan Jumat Berkah Abdya Bantu Janda Miskin Beli Tanah Warisan

Pada akhir aksi penggalangan dana, Iin Supardi yang juga ketua Dewan Dakwah Aceh Barat Daya mengajak kepada seluruh donatur untuk terus berdonasi untuk membantu warga Palestina.

“Jika tak mampu berjuang dengan jiwa dan raga, berjuanglah dengan harta, jika dengan harta tak mampu berjuanglah dengan tenaga. Jika tenaga tak mampu berjuanglah dengan kata, jika pun tak bisa juga berjuanglah dengan doa, semoga Allah mudahkan segala urusan kita,” kata Iin Supardi.

Aksi penggalangan dana tersebut langsung dihadiri oleh Ketua Yayasan Ibnu Sina Ehsan Cendekia, H. Hasyimi, S.Ag dan Pimpinan Ma’had Ibnu Sina GER, Iin Supardi, M.E.I.

Sementara, turut hadir mendampingi Majelis Syuro Dewan Dakwah Abdya, yakni Ir. Zuhardi, Ilman Syahputra, MS.i, Sahilmi, M.M, para Asatiz dan para santri Ma’had Ibnu Sina GER.(*)

Editor: FR. Anwir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *