Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Wisata

Fakta-Fakta Menarik Dibalik Keindahan Pulau Bangkaru di Aceh Singkil

205
×

Fakta-Fakta Menarik Dibalik Keindahan Pulau Bangkaru di Aceh Singkil

Sebarkan artikel ini

Pulau Bangkaru merupakan salah satu tempat favorit penyu untuk bertelur. Pemandangannya yang eksotis akan memanjakan mata dan membuat takjub.

Seorang pengunjung melakukan aktivitas snorkeling di pulau Bangkaru. (Foto: kba.one)

ACEHGLOBALNEWS.Com — BOSAN dengan pantai yang ramai dan wisata bahari yang monoton? Pulau Bangkaru di Aceh Singkil siap menjadi solusi untuk liburan Anda berikutnya.

Pulau ini menawarkan perpaduan sempurna antara panorama alam yang memukau, petualangan seru, dan kesempatan langka untuk bertemu dengan hewan-hewan istimewa.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pulau Bangkaru terletak di gugusan Kepulauan Banyak, Aceh Singkil, Aceh. Pulau Bangkaru bagaikan permata tersembunyi di ujung barat Sumatera.

Ada sejumlah fakta menarik tentang dibalik keindahan pulau sejuta penyu tersebut. Yuk simak artikel ini!

Pulau Bangkaru memiliki pasir putih yang halus terbentang sepanjang 3 kilometer, dihiasi bebatuan karang yang unik dan air laut biru jernih yang menggoda. Pemandangannya yang eksotis akan memanjakan mata Anda dan membuat Anda takjub.

Seekor penyu di pulau Bangkaru. (Foto: Image Google)

Pulau Bangkaru merupakan salah satu tempat favorit penyu hijau dan belimbing untuk bertelur. Jika Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan momen langka penyu betina yang naik ke pantai untuk menetaskan telur mereka di bawah sinar rembulan.

Baca Juga :   12 Destinasi Wisata yang Menarik Dikunjungi di Banda Aceh saat Liburan

Di bawah pengawasan Ranger dari lembaga lingkungan, Anda dapat mengamati penyu-penyu ini dari dekat dan mempelajari keunikan mereka. Pengalaman ini tak terlupakan dan akan membawa Anda lebih dekat dengan keajaiban alam.

Lebih dari sekadar pantai yang indah, Pulau Bangkaru menawarkan berbagai aktivitas seru bagi para pecinta petualangan.

Anda dapat mencoba surfing di ombak yang menantang, snorkeling atau diving untuk menjelajahi keindahan bawah laut yang penuh warna, atau trekking ke hutan perawan yang masih alami.

Pulau Bangkaru adalah kawasan konservasi yang dilindungi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelestarian alamnya. Hindari membuang sampah sembarangan, hormati habitat hewan liar, dan ikuti peraturan yang berlaku di pulau ini.

Baca Juga :   Heboh! Pantai Arab Saudi Izinkan Pengunjung Pake Bikini

Pulau Bangkaru dulunya menjadi tempat favorit penyu untuk bertelur, namun kini populasinya semakin berkurang sehingga perlu dijaga kelestariannya.

Pulau ini memiliki ombak jenis barel yang menantang bagi para peselancar. Akses ke Pulau Bangkaru terbilang sulit karena jaraknya yang jauh dan ombaknya yang tinggi.

Diving di perairan pulau Bangkaru yang menyenangkan. (Foto: wisatapulaubanyak.com)

Di pulau ini, Anda hanya akan menemukan 4 rumah kayu yang digunakan sebagai penginapan. Jaringan telekomunikasi di pulau ini sangat terbatas.

Pulau Bangkaru dapat diakses dengan kapal kayu dari Pelabuhan Nelayan Desa Pulo Sarok di Aceh Singkil. Perjalanan memakan waktu sekitar 5 jam untuk mencapai Desa Haloban, Kecamatan Pulau Banyak.

Untuk menuju ke Desa Haloban transportasi tidak selalu ada setiap hari. Minimal, kapal kayu penyeberangan ke tempat ini hanya ada tiga sampai empat kali dalam seminggu.

Lalu dari Desa Haloban tersebut, untuk menuju ke pulau Bangkaru, Anda bisa menyewa speed boat yang khusus mengantarkan wisatawan dari desa itu menuju pulau-pulau.

Baca Juga :   Investasi UEA di Aceh Singkil Ditunda, Diduga Masih Analisis

Harga transportasi menuju ke Pulau Bangkaru dari Haloban tergantung mesin speedboat yang digunakan. Tarif penyewaannya bervariasi mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 2,5 juta.

Adapun jarak tempuh dari Desa Haloban ke Pulau Bangkaru sekitar 1 jam. Meskipun melelahkan, tapi anda bakal disuguhkan dengan keunikan pemandangan Pulau Bangkaru yang jarang ditemukan di Pulau lain.

Pulau Bangkaru adalah destinasi wisata yang ideal bagi Anda yang ingin:

• Melarikan diri dari keramaian dan menikmati ketenangan alam.
• Mengalami petualangan seru dan tak terlupakan.
• Bertemu dengan hewan-hewan langka dan belajar tentang kelestarian alam.
• Menikmati keindahan pantai yang memukau dan panorama bawah laut yang luar biasa.

Jadi, tunggu apa lagi? Kemas tas Anda dan bersiaplah untuk menjelajahi surga tersembunyi di Pulau Bangkaru!.(*)