Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Gampong Lama Tuha Kembangkan Wisata Keluarga untuk Dongkrak Pendapatan Desa

1177
×

Gampong Lama Tuha Kembangkan Wisata Keluarga untuk Dongkrak Pendapatan Desa

Sebarkan artikel ini
Keuchik Abdullah, memantau lokasi penataan pembuatan kolam bebek dayung dan jalan di lokasi wisata keluarga Gampong Lama Tuha, Kuala Batee. (Foto: Acehglobal / Muhammad Nasir)

Blangpidie, Acehglobal — Pemerintah Gampong Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya) berencana membuka destinasi wisata keluarga di wilayahnya.

Keuchik Gampong Lama Tuha, Abdullah BD, mengatakan pihaknya akan mengalokasikan sebagian anggaran Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) untuk penataan awal lokasi wisata tersebut pada tahun 2024.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Lokasi wisata keluarga ini akan memanfaatkan potensi pantai laut di wilayah Gampong Lama Tuha. Abdullah yakin, panorama pantai yang indah akan memikat pengunjung.

Baca Juga :   Empat Pelanggar Syariat Islam di Abdya Dihukum Cambuk

“Tahap awal tahun 2024, kami fokus pada penataan tempat, seperti membersihkan lokasi, membangun pondok-pondok strategis, kolam pemandian, kolam bebek dayung, dan jalan transportasi. InsyaAllah, pada tahun 2025, lokasi wisata ini sudah dapat diresmikan dan beroperasi,” ujarnya kepada Acehglobal, Sabtu (24/2/2024).

Baca Juga :   Final, Ini Tiga Nama Calon Pj Bupati Abdya Usulan DPRK

Abdullah berharap, dengan adanya wisata keluarga ini, pendapatan desa dan BUMG dapat meningkat. Selain itu, wisata ini juga diharapkan dapat mempromosikan keunikan dan kekayaan sejarah Gampong Lama Tuha.

“Ini bisa menjadi momentum kebangkitan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap peninggalan bersejarah di Gampong Lama Tuha,” kata Abdullah.

Gampong Lama Tuha menyimpan banyak peninggalan sejarah bernilai tinggi. Kawasan pesisir ini merupakan bekas wilayah Kerajaan Lama Tuha, Kerajaan Lama Muda, dan Kerajaan Kuala Batee.

Baca Juga :   Dua Panwascam di Simeulue Gelar Konsolidasi Pengawasan Kampanye Pemilu 2024

“Peninggalan sejarah seperti madat, makam dengan nisan bersejarah, senjata meriam, dan banyak lagi ditemukan di kawasan Desa Lama Tuha,” ujar Abdullah.

Keuchik Abdullah optimistis, wisata keluarga ini akan mengingatkan kembali masyarakat tentang warisan sejarah di Abdya, khususnya di Gampong Lama Tuha.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *