Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerahEkonomi

Jelang Ramadhan, Perbankan Diminta Cairkan KUR ke Pelaku UMKM di Abdya

439
×

Jelang Ramadhan, Perbankan Diminta Cairkan KUR ke Pelaku UMKM di Abdya

Sebarkan artikel ini
Elizar Lizam

Laporan : M. Nasir | Editor : Salman

Blangpidie, AcehGlobalNews – Kordinator Komunitas Bisnis Andalan Rakyat (KOBAR) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Elizar Lizam meminta perbankan menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pelaku UMKM jelang bulan suci ramadhan di daerah itu.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Blangpidie sebagai pusat perdagangan dan juga memiliki pusat pertumbuhan pasar lainnya, yaitu di Kecamatan Manggeng dan Babahrot. Ketiga pasar ini akan didatangi oleh pembeli dari tetangga kabupaten menjelang puasa dan hari raya,” kata Elizar kepada wartawan, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga :   Alami Sakit Berat, Warga yang Dideportasi dari Malaysia Dijemput Pemkab Abdya

Menurutnya, kedatangan pembeli tersebut akan meningkatkan permintaan pasar dan membuat pedagang kesulitan jika tidak memiliki kekuatan modal usaha.

“Oleh karena itu, kami menyarankan agar pedagang UMKM dapat dibantu dengan KUR, yang memiliki margin pembiayaan rendah hanya 0,5 persen per bulan,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Adun itu juga menyatakan, bahwa pelaku UMKM merupakan penopang ekonomi Indonesia dan mereka dapat memberikan kontribusi insentif bagi KUR.

Baca Juga :   Jelang Ramadhan, Pemerintah Aceh Buka Pasar Tani dan Pasar Murah

“Semoga pihak perbankan dapat segera mencairkan KUR sebagai kepada pedagang sebagai dukungan terhadap pemulihan sektor UMKM,” pinta Adun.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Abdya, Hasrul Hasan. Ia juga mendesak perbankan menyediakan fasilitas pembiayaan KUR kepada pedagang kecil menghadapi Ramadhan tahun ini.

“Mohon agar dana KUR dapat segera disalurkan sebelum Ramadhan tahun 2023 jika memungkinkan, karena hal ini akan sangat membantu pelaku UMKM kita yang sedang berjuang untuk bangkit setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga :   1.200 Siswa di Subulussalam Terima Beasiswa PIP dari Teuku Riefky Harsya

Menurut Hasrul, dukungan tersebut sangat penting untuk membantu UMKM menumbuhkan kembali usahanya, terutama menjelang Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Hasrul juga menyatakan, permintaan dari konsumen akan meningkat saat menjelang puasa dan Idul Fitri, dan UMKM sering terkendala dalam masalah permodalan.

“Oleh karena itu, kita meminta agar Bank Aceh Syariah dan Bank Syariah Indonesia dapat segera mengalirkan KUR dengan proses yang memudahkan,” katanya. (*)