Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Koordinasi Baitul Mal Gampong, BMK Aceh Selatan Kunker ke BMK Banda Aceh

464
×

Koordinasi Baitul Mal Gampong, BMK Aceh Selatan Kunker ke BMK Banda Aceh

Sebarkan artikel ini

BANDA ACEH – Komisioner Baitul Mal Kabupaten (BMK) Aceh Selatan, Taufik Hidayat Harahap, M.Ag, dan Syafriadi, S.Th.I, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Baitul Mal Kota Banda Aceh, Jum’at (22/9/2023).

“Tujuan dari kunjungan ini untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi terkait dengan Baitul Mal Gampong (BMG) yang telah terbentuk di Kota Banda Aceh,” kata Taufik Harahap kepada Acehglobal, pada Jumat malam.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Taufik menjelaskan, BMK Aceh Selatan berencana melaksanakan sosialisasi pembentukan BMG dalam 18 Kecamatan di Aceh Selatan pada Oktober 2023.

Baca Juga :   DPW PA Abdya Akan Gelar Muswil III pada 17 April Mendatang

“Sosialisasi ini akan dihadiri oleh perwakilan dari setiap Gampong, termasuk Keuchik, Ketua Tuha Peut, dan Imam Chik Gampong yang juga menjabat sebagai ex officio ketua BMG,” ujarnya.

Untuk memastikan kelancaran program tersebut, lanjut Taufik, anggaran telah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) Tahun 2023 di setiap Gampong dalam Aceh Selatan.

“Hal itu berdasarkan Peraturan Bupati nomor 62 tahun 2022 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Gampong tahun anggaran 2023,” terangnya.

Baca Juga :   KKR Aceh Gelar Bimtek Petugas Pengambilan Pernyataan

“Penguatan lebih lanjut juga telah disampaikan melalui Surat Bupati Aceh Selatan Nomor 140/866/2023 yang membahas pembentukan dan operasional Baitul Mal Gampong (BMG) di Aceh Selatan,” kata Taufik.

Sementara itu, Ketua BMK Banda Aceh, Surya Darma, S.Pd.I menyambut baik kunjungan komisioner BMK Aceh Selatan ini.

Surya menyebut di wilayah Kota Banda Aceh, sekitar 60% dari 90 Gampong sudah berhasil terbentuk Baitul Mal Gampong.

“Saat ini, regulasi terkait BMG diatur dalam Peraturan Walikota Banda Aceh Nomor 38 tahun 2021 yang membahas susunan organisasi Baitul Mal Gampong (lembaran Daerah Kota Banda Aceh Tahun 2021 Nomor 38),” katanya.

Baca Juga :   Perdana, Danrem 012/TU Kunker ke Simeulue

Menurut Surya, keberhasilan Baitul Mal Gampong (BMG) baik dalam kemajuan maupun tantangannya sangat dipengaruhi oleh tiga faktor utama. Pertama, faktor sumberdaya manusia yang terlibat dalam BMG. Kedua, dukungan yang diberikan oleh pemerintah Gampong.

“Dan ketiga, potensi zakat, infak, dan shodaqoh (ZIS) yang ada di masing-masing Gampong. Dengan memperkuat ketiga faktor ini, diharapkan BMG dapat berperan lebih baik dalam mendukung masyarakat di Aceh Selatan,” pungkasnya.(*)

Editor: Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News