Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Pj Bupati Abdya Resmikan Lima BUMDesma

1444
×

Pj Bupati Abdya Resmikan Lima BUMDesma

Sebarkan artikel ini
Sambutan Pj Bupati Abdya, H Darmansah pada acara peresmian lima BUMDesma di Aula Bappeda kabupaten setempat, Senin (26/12/2022). (Foto: agn/IST)

Blangpidie, AcehGlobalNews – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H. Darmansah, meresmikan lima Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma). Peresmian kelima BUMDesma tersebut berlangsung di Aula Bappeda kabupaten setempat, Senin (26/12/2022).

Kelima BUMDesma yang diresmikan itu, yakni Cahaya Sigupai Pesisir Lkd Kecamatan Susoh, Lembah Sigupai Lkd Kecamatan Lembah Sabil, Jeumpa Berdaya Lkd Kecamatan Jeumpa, Kila Sigupai Mandiri Lkd Kecamatan Blangpidie dan Pante Karya Mandiri Lkd Kecamatan Babahrot.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kepala DPMP4 Abdya, Nur Afni Muliana dalam sambutannya mengatakan, bahwa dasar pembentukan BUMDesma adalah Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021.

Baca Juga :   Pengawasan Pengelolaan Dana Desa di Aceh Terus Diperkuat

Dalam peraturan tersebut, pemerintah mengamanatkan pembentukan BUMDesma untuk melanjutkan keberlangsungan kegiatan dana bergulir masyarakat (DBM) melalui Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan.

“Tahun ini, dari sembilan kecamatan di Abdya, DPMP4 baru bisa melaunching lima BUMDesma lkd. Sementara, tiga Kecamatan lagi akan diselesaikan sebelum batas akhir transformasi pada bulan Februari 2023,” ujar Afni.

Sedangkan satu kecamatan lagi, tambah Afni, yakni kecamatan setia belum diputuskan kegiatan usaha, kepengurusan, kelompok penerima manfaat dana bergulir masyarakat dan aset kegiatan.

“Proses transformasi ataupun pembentukan BUMDesma paling lama 2 tahun terhitung dari terbitnya PP dan akan berakhir pada Februari 2023,” kata Afni.

Baca Juga :   YARA Minta DPRK Abdya Publikasikan Nama Calon Pj Bupati kepada Publik

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Pj bupati Abdya, H. Darmansah menyampaikan, bahwa pembentukan BUMDesma ini sangat besar manfaatnya dan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan hari ini menjadi pemicu semangat untuk kita terus berkarya membangun Negeri dan membangun Abdya untuk kemajuan masyarakat,” ungkap Darmansah.

Darmansah menyebut, bahwa Kabupaten Abdya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan daerah lain terhadap inflasi daerah.

“Alhamdulillah tentang inflasi kita masih aman-aman, harga barang juga masih aman, karena memang di Abdya adalah daerah pertanian,” jelasnya.

Kendati demikian, tutur Darmansah, angka stunting dan kemiskinan ekstrem di Abdya dinilai masih tinggi dan ada indikator yang akan diupayakan sehingga angka stunting bisa menurun.

Baca Juga :   Wakil Ketua DPRA Safaruddin Bantu Korban Kebakaran Rumah di Abdya

“Sesuai dengan data terakhir kita terima, dari 33% angka stunting di Abdya turun 10% di tahun ini. Mudah-mudahan dengan adanya BUMDesma transformasi ini dapat mengupayakan kita semakin cepat untuk proses penurunan stunting dan angka kemiskinan,” harap Pj Bupati Darmansah.

Turut hadir dalam acara peresmian kelima BUMDesma tersebut, Koordinator Kabupaten (Korkab) TPP Abdya H. Teuku Jasman, dan Ketua Forum Keuchik Abdya, Venny Kurnia. (*)

| Editor : Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News