Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Baitul Mal Abdya Tingkatkan Kapasitas SDM Amil

188
×

Baitul Mal Abdya Tingkatkan Kapasitas SDM Amil

Sebarkan artikel ini
Baitul Mal Abdya gelar peningkatan kapasitas SDM Amil di aula lantai dasar Masjid Agung Baitul Ghafur, Abdya, Selasa (7/11/2023). Foto : Acehglobal/Salman.

Blangpidie, Acehglobal — Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (BMK Abdya) menggelar pelatihan SDM bagi para Amil. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Amil dalam pelayanan dan optimalisasi pengelolaan dana zakat.

Acara pelatihan yang dilaksanakan pada Selasa (7/11/2023) itu berlangsung di Aula Lantai Dasar Masjid Agung Baitul Ghafur atau tepatnya di Sekretariat Baitul Mal Abdya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pelatihan diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari Badan (Komisioner) Dewan Pengawas, Tenaga Profesional dan unsur Sekretariat BMK Abdya baik PNS maupun Non ASN/Tenaga Kontrak.

Kepala Sekretariat BMK Abdya, Iin Supardi, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peningkatan kapasitas SDM Amil dalam pengelolaan dana zakat.

Ia mengatakan, pelatihan ini juga menjadi langkah strategis dalam memperkuat sistem kelembagaan BMK Abdya terutama dalam menjalankan tugas-tugasnya melakukan pengumpulan dan penyaluran zakat, serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada mustahik.

“Pelatihan ini mencakup berbagai materi penting, antara lain pemaparan kedudukan, kewenangan dan tupoksi jabatan Komisioner, Dewas dan Sekretariat dalam penghimpunan dan mengelola zakat,” kata Iin.

Pada pelatihan ini, menghadirkan pemateri yang ahli dalam bidang Amil, yaitu Anggota Komisioner Baitul Mal Aceh, Muhammad Ikhsan, serta Tenaga Profesional BMA, Jusma Eri dan Ibnu Sa’dan.

Dalam materinya, Muhammad Ikhsan dan Jusma Eri menjelaskan tentang kedudukan, kewenangan dan tupoksi jabatan yang ada pada BMK. Sementara Ibnu Sa’dan menjelaskan tentang tahapan perencanaan program.

Selain itu, para peserta juga diberikan pemahaman yang mendalam tentang peran dan tanggung jawab sebagai Amil Baitul Mal, serta pentingnya integritas, loyalitas dan transparansi dalam menjalankan tugas tersebut.

Dalam sesi diskusi dan tanya jawab aktif, para peserta juga diajak untuk memperdalam pemahaman mereka mengenai berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan dana zakat.

Saiful Azmi, salah satu peserta peningkatan kapasitas Amil BMK Abdya, mengungkapkan kegembiraannya atas pelatihan ini. Ia berharap pelatihan ini akan memberikan wawasan dan keterampilan baru yang dapat diterapkan dalam pekerjaannya sehari-hari sebagai Amil di BMK.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya yang baru menjadi Tenaga Profesional di BMK Abdya. Saya banyak mendapatkan pengetahuan tentang Amil dalam pengelolaan zakat,” kata Saiful.(*)

Editor : Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *