Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
HeadlineNasional

Beredar Video, Daging Anjing Dijual Bebas di Pasar Senen Jakarta

286
×

Beredar Video, Daging Anjing Dijual Bebas di Pasar Senen Jakarta

Sebarkan artikel ini
Beberapa ekor anjing yang berhasil diselamatkan di jalan dan diselamatkan dari tukang anjing yang menjual daging anjing di Jakarta. (Foto: liputan6.com)

GLOBAL JAKARTA – Sebuah video tersebar luas di media sosial (medsos) yang menayangkan praktik penjualan daging anjing di Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Video yang direkam oleh Animal Defenders Indonesia (ADI) itu menjadi viral di dunia maya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Mengutip Instagram ADI, Minggu (12/9/2021), penjualan daging anjing di PD Pasar Jaya di Pasar Senin, Jakpus ini sudah berlangsung sangat lama, dan bergandengan dengan daging-daging lain disana.

“Satu lapak yang kami investigasi, mengaku bahwa mereka minimal menjual 4 ekor anjing dalam sehari. Mereka sudah beroperasi lebih dari 6 tahun,” tulis akun instagram ADI.

Menurut ADI, jika dikalkulasi selama 6 tahun, maka sebanyak 8.760 ekor sudah terjual kepada konsumen.

Baca Juga :   Viral, Video Puskesmas di Abdya Diduga Telantarkan Pasien, Ini Penjelasan Kadinkes

“Mari kita kalkulasi. 6 tahun × 365 hari × 4 ekor = 8.760 ekor sudah mereka jagal dan jual. Belum lagi jika hari-hari raya dan hari-hari besar lainnya,” katanya.

Perhitungan itu baru satu lapak, sementara di Pasar Senen ada tiga lapak penjual daging anjing. Maka, satu pasar saja dalam 6 tahun menghabiskan 26.280 ekor anjing.

ADI menyebutkan, 26.280 ekor anjing itu tidak mungkin didapatkan dari wilayah DKI sendiri. Namun, juga didatangkan dari wilayah lain.

ADI juga mengatakan, bahwa pihaknya sudah melayangkan Somasi kepada PD Pasar Jaya dengan tembusan kepada Gubernur DKI @aniesbaswedan serta Kementan dan jajaran terkait.

Tanggapan Pihak PD Pasar Jaya

Baca Juga :   Polisi Selidiki Asal Usul Video Pembakaran Bendera Merah Putih yang Viral di Medsos

Dilansir dari jpnn.com, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya membenarkan adanya oknum pedagang yang menjual daging anjing di Pasar Senen Blok III.

“Kami dapat memberikan klarifikasi bahwa benar adanya pedagang dari Perumda Pasar Jaya yang melakukan penjualan daging anjing tersebut di Pasar Senen Blok III,” kata Manajer Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya, Gatra Vaganza saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Gatra menjelaskan, bahwa penjualan daging anjing tersebut tidak sesuai dengan peraturan Perumda Pasar Jaya.

Dalam peraturan tersebut, daging anjing tidak termasuk dalam komoditas yang dapat diperjualbelikan di jaringan pasar milik Pemprov DKI Jakarta tersebut.

Baca Juga :   Jaksa tetapkan Mantan Kadis Sosial Kota Subulussalam sebagai Tersangka Dugaan Korupsi Bansos RTLH

PD Pasar Jaya pun menjanjikan akan mengevaluasi operasional pasar sehingga penjualan komoditas di luar peraturan yang ada tidak terulang kembali.

“Ke depannya, ini akan menjadi pelajaran bagi kami, evaluasi dalam sisi operasional pasar sehingga ke depannya kejadian seperti ini tidak terulang kembali,” ujar Gatra.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga telah mengancam menindak tegas penjual daging anjing di Pasar Senen Jakarta Pusat, jika hasil pemeriksaan telah selesai berdasarkan informasi dari Animal Defenders Indonesia (ADI). (*)