Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Buka Mukab KADIN, Pj Bupati Abdya Dorong Sinergitas Pengusaha dan Pemerintah

1234
×

Buka Mukab KADIN, Pj Bupati Abdya Dorong Sinergitas Pengusaha dan Pemerintah

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Darmansah saat membuka acara Musyawarah Kabupaten (Mukab) KADIN ke-IV Abdya, yang berlangsung di Hotel Grand Loser Blangpidie, Sabtu (22/10/2023). Foto: Acehglobal/Mhd. Nasir.

Blangpidie – Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H. Darmansah, membuka Musyawarah Kabupaten (Mukab) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Abdya ke IV, yang berlangsung di Hotel Grand Loser Blangpidie, Sabtu (22/10/2023).

Di awal sambutannya, Darmansah mengapresiasi tema Mukab KADIN Abdya ke IV ini, yaitu “Sinergifitas Pengusaha dan Pemerintah, Ekonomi Bangkit.” Menurutnya tema tersebut sangat tepat untuk menggambarkan pentingnya sinergi antara pemerintah dan pengusaha dalam upaya membangkitkan perekonomian daerah.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pj Bupati Darmansah menambahkan, Abdya memiliki potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa dan merupakan rahmat dari Allah SWT. Potensi tersebut dapat sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal dengan membuka ruang yang selebar-lebarnya kepada para pengusaha untuk masuk berinvestasi ke Abdya.

Baca Juga :   Gampong Padang Hilir Susoh kembali Salurkan BLT DD

“Saya akan terus berupaya menghadirkan para investor ke Abdya, apakah asalnya dari Arab, India, dan lainnya. Saya akan berlapang dada menerima mereka,” ujarnya.

Hingga periode kedua menjabat sebagai Pj Bupati Abdya, Darmansah mengaku akan terus berupaya membangkitkan denyut perekonomian masyarakat, diantaranya melanjutkan kembali pembangunan pasar modern dan pelabuhan teluk surin, hingga upaya komitmen pemerintahan daerah mengaktifkan kembali operasional kilang padi modern.

Pada kesempatan itu, Darmansah juga menyinggung Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Abdya yang sebelumnya dianggap mati suri. Kini, Pj bupati telah melantik pengurus baru di perusahaan daerah tersebut. Ia berharap dengan SDM baru itu dapat membenahi BUMD guna lebih baik lagi kedepan.

Untuk mensupport BUMD, lanjut Darmansah, Pemkab Abdya bersama DPRK berencana akan melakukan penyertaan modal sebesar Rp 2,5 milyar untuk BUMD pada 2024 mendatang.

Baca Juga :   Besok, AHY Bertemu Surya Paloh di Kantor Demokrat, Bahas Deklarasi Koalisi Perubahan

Di akhir sambutannya, Pj bupati Darmansah mengharapkan dengan Mukab Kadin ini bisa menjadi terobosan bagi pemerintah Abdya dalam melakukan kerjasama dengan para pengusaha demi membangun Abdya untuk lebih maju dan sukses kedepan.(*)

Ketua KADIN Abdya Hasrul Hasan Siap Dampingi UMKM

Ketua KADIN Abdya terpilih, Hasrul Hasan menerima bendera petaka organisasi dari Ketua KADIN Aceh pada acara Mukab ke IV di Hotel Grand Loser, Blangpidie, Sabtu (21/10/2023). Foto: Acehglobal/Mhd. Nasir.

Secara terpisah, Ketua terpilih KADIN Abdya, Hasrul Hasan, mengatakan pihaknya akan terus berupaya menciptakan seribu saudagar di Abdya.

Selain itu, Hasrul juga berjanji akan selalu siap mendampingi pelaku UMKM yang ada di Nagari Breuh Sigupai guna dapat mencapai keberhasilan.

“Untuk priode yang sudah lewat kita sudah melakukan pembinaan kepada ratusan pelaku UMKM, kedepan kita juga berencana akan membantu pelaku usaha makanan dalam hal pengemasan kita melakukan pembinaan packing makanan,” terangnya.

Baca Juga :   Ini Tanggapan Anggota DPRK Subulussalam Soal Isu Tak Sedap Pasca Kunker Keuchik ke Batam

“Mumpung kita sudah ada mesin untuk packing yang sudah, itu dapat kita gunakan untuk mengemas tampilan produk makanan kita,” tambah Hasrul.

Lebih lanjut, Hasrul berharap kepada pemerintah daerah Abdya untuk memberikan dukungan kepada pengusaha UMKM melalui pembentukan Qanun Daerah atau pun aturan lainnya.

“Hal ini tentu akan sangat membantu, bila kita memiliki aturan yang mewajibkan masyarakat untuk mencintai dan membeli produk daerah Abdya sendiri,” pungkasnya.

Pada acara pembukaan Mukab KADIN Abdya ke IV ini turut hadir Ketua Umum KADIN Aceh, Ketua DPRK Abdya Nurdianto, Kajari Heru Widjatmiko, Pengusaha H Said Samsul Bahri, para pengurus KADIN serta tamu undangan lainnya. (*)

Editor: Salman