Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Dandim Abdya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Alue Mangota Cek Lokasi TMMD

258
×

Dandim Abdya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Alue Mangota Cek Lokasi TMMD

Sebarkan artikel ini
Masyarakat terlihat antusias saat kegiatan pengecekan lokasi program TNI TMMD ke-119 Tahun Anggaran 2024 di Desa Alue Mangota, Kecamatan Blangpidie, Abdya, Jumat (22/12/2023). Foto : Acehglobal/Ist.

Blangpidie, Acehglobal — Antusias masyarakat Desa Alue Mangota, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya), menyambut program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Tahun Anggaran 2024, sangat tinggi.

Hal ini terlihat dari antusias warga yang turut berpartisipasi aktif meninjau rencana lokasi kegiatan TMMD, Jumat (22/12/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sejak pukul 07.00 WIB, dua puluhan orang warga beserta anggota Koramil 01/Blangpidie telah stand-by menunggu kedatangan tim survei dari Staf Teritorial Kodim 0110 dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Pasiter Kapten Inf Azwani, mengapresiasi antusiasme warga tersebut.

“Alhamdulillah, terimakasih atas semangatnya. Antusiasme warga dalam menyambut TMMD ini sangat kami apresiasi. Ini sudah saya sampaikan sama Komandan di Banda Aceh. Beliau sampaikan salam hormat untuk semua warga Alue Mangota,” ujar Azwani.

Baca Juga :   Warga Subulussalam Minta PLN Perbaiki PJU Yang Rusak

Azwani menjelaskan, TMMD merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dalam lintas sektoral bertujuan untuk percepatan pembangunan dan pemerataan ekonomi.

TMMD ke-119 Kodim 0110/Abdya akan digelar selama 30 hari di Desa Alue Mangota pada Februari 2024. Program ini dicetus berdasarkan permintaan masyarakat dari bawah secara bottom up.

Pasiter meminta antusias dan semangat masyarakat dalam mendukung program TMMD ini dapat terus dijaga dari awal rencana hingga akhir penutupan kegiatan.

“Program pembangunan ini akan tercapai optimal bila kita semua bersatu padu gotong royong. Oleh karena itu kami berharap partisipasi aktif ini dapat terus dijaga sampai akhir TMMD nanti,” kata Azwani.

Baca Juga :   Ruhul Qurani Hadiri Peringatan Tsunami Jepang di Aceh

Sementara itu, Kepala Desa (Keuchik) Alue Mangota, T Fakri mengaku senang wilayahnya dipilih sebagai sasaran lokasi TMMD Kodim Abdya. Ia membenarkan sejak lama masyarakatnya yang mayoritas petani mendambakan adanya akses jalan yang mudah di pegunungan untuk mengangkut hasil panen.

“Masyarakat kami banyak yang berkebun di gunung sana. Namun karena tidak ada akses jalan, hasilnya tidak pernah terpetik. Alhamdulillah Kodim Abdya hadir mewujudkan impian kami. Kami masyarakat Alue Mangota siap mendukung TMMD ini sampai sukses,” ungkap Fakri.

Informasi dihimpun, kegiatan tinjau medan berlangsung selama enam jam. Dari hasil survei tersebut diwacanakan TMMD ke-119 Kodim Abdya akan membuka badan jalan di atas gunung sepanjang 5 Km. Jalan itu dibuka untuk mempermudah akses warga mengangkut hasil kebun dari pegunungan ke kota.

Baca Juga :   Bupati Aceh Selatan Hadiri Pelantikan Pengurus IKAMAS di Jakarta

Di lokasi setempat juga akan di bangun sasaran fisik lainnya antara lain 3 unit jembatan dan 1 unit gorong-gorong.

Selain fokus pada konstruksi fisik, TMMD Kodim Abdya juga akan membangun pola psikis masyarakat melalui kegiatan sasaran non fisik berupa ragam penyuluhan / sosialisasi diantaranya tentang bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum dan Kamtibmas, Narkoba, KB Kesehatan, reboisasi, dan bhakti kesehatan untuk pencegahan stunting.(*)

Editor : Salman