Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Pertanian

Dibimbing Guru Agribisnis, Siswa SMKN 5 Abdya Berhasil Panen Kacang Tanah

33
×

Dibimbing Guru Agribisnis, Siswa SMKN 5 Abdya Berhasil Panen Kacang Tanah

Sebarkan artikel ini
Didampingi guru Agribisnis Tanaman Pangan, siswa SMKN 5 Abdya memperlihatkan hasil panen tanaman kacang tanah. (Foto: Acehglobal / Ist).

Blangpidie, Acehglobal – Siswa SMK Negeri 5 Aceh Barat Daya (Abdya), meraih pencapaian membanggakan melalui kegiatan budidaya tanaman kacang tanah yang dibimbing langsung oleh guru mereka bidang Agribisnis Tanaman, Reza Alfata, SP.

Proyek ini melibatkan siswa-siswi dari Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura. Setelah melalui proses yang intensif selama 100 hari, akhirnya hasil kerja keras para siswa membuahkan hasil dengan panen kacang tanah yang melimpah.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan budidaya ini bukan hanya sekadar kegiatan guru di sekolah, namun juga bagian integral dari kurikulum yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada para siswa.

Baca Juga :   BPS Bersama Pemkab Abdya Gelar Rakor Daerah Sensus Pertanian

Reza Alfata, SP, seorang guru dalam bidang Study Agribisnis Tanaman, dengan tekun membimbing para siswa mulai dari tahap awal pengolahan lahan, penanaman, perawatan, hingga proses panen.

“Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan, para siswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan teknik-teknik budidaya tanaman pangan dan hortikultura secara komprehensif,” kata Reza, Jumat (17/5/2024).

Ia mengungkapkan bahwa praktek ini sangat bermanfaat bagi siswa, karena mereka dapat belajar secara langsung tentang siklus hidup tanaman dan teknik budidaya yang tepat.

“Saya berharap melalui praktek ini, siswa tidak hanya mengerti teori, tetapi juga bisa mengaplikasikannya dalam dunia nyata,” ujarnya Reza.

Baca Juga :   Wakili Bupati, Asisten I Lepas Kontingen Penas XVI Petani Nelayan Aceh Selatan ke Sumbar

Kacang tanah memiliki nama latin Arachis hypogaea var., merupakan salah satu komoditas penting di bidang pertanian. Melalui kegiatan ini, para siswa juga diperkenalkan pada pentingnya ketelitian dan kesabaran dalam bercocok tanam. Proses budidaya ini melibatkan berbagai tahapan yang memerlukan perhatian khusus, mulai dari pemilihan benih yang berkualitas, teknik penanaman yang benar, hingga perawatan yang intensif untuk memastikan pertumbuhan tanaman yang optimal.

Reza menambahkan, keberhasilan panen ini menjadi bukti bahwa integrasi antara teori dan praktek di dunia pendidikan sangatlah penting. Selain memberikan keterampilan teknis, siswa juga menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kerjasama diantara mereka.

Baca Juga :   Petani Gampong Rambong Abdya Terima Pupuk Gratis

“Dengan demikian, mereka tidak hanya siap untuk menghadapi ujian akademis, tetapi juga tantangan di dunia kerja nantinya,” jelasnya.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan bimbingan yang baik, kegiatan budidaya kacang tanah di SMK Negeri 5 Abdya berjalan sukses dan menghasilkan panen yang memuaskan. Semoga pencapaian ini menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya untuk terus belajar dan mengembangkan diri di bidang agribisnis dan hortikultura,” ucap Reza. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Respon (1)

  1. Semoga Maju Terus SMK N 5 Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura

Komentar ditutup.