Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Idul Adha 1445 H, Gampong Kayee Jatoe Teupin Raya Sembelih 10 Ekor Hewan Kurban

53
×

Idul Adha 1445 H, Gampong Kayee Jatoe Teupin Raya Sembelih 10 Ekor Hewan Kurban

Sebarkan artikel ini
Panitia pelaksana hewan kurban Gampong Kayee Jatoe Teupin Raya Kecamatan Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie tampak sedang menyembelih sapi kurban di lapangan kantor keuchik setempat, Selasa (18/6/2024). (Foto: Istimewa)

Sigli, Acehglobal — Masyarakat Gampong Kayee Jatoe, Mukim Teupin Raya, Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie pada Hari Raya Idul Adha tahun 1445 Hijriah ini kembali menyembelih 10 hewan kurban pada Selasa (18/6/2024).

Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan gampong yang memiliki tiga dusun yaitu Kayee Jatoe, Keumuneng dan Teumpeun Tunong dan dihuni oleh hampir seribu jiwa ini.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hewan qurban yang disembelih tahun ini berasal warga gampong sendiri dan dari putra/putri kelahiran Kayee Jatoe yang sudah tinggal di daerah lain yang salah satu ekor sapi berasal dari Dandim O103/AUT, Letkol (Kav) Makhyar, S.T., M.M.,M.H.I.

Baca Juga :   Kelompok Tani Suak Nibong Juarai Lomba Asah Terampil Petani Tingkat Kecamatan Tangan-tangan

Keuchik Gampong Kayee Jatoe, Muhammad mengatakan dibandingkan jumlah hewan qurban tahun lalu, tahun ini qurbannya lebih sedikit mungkin karena kondisi ekonomi masyarakat yang sedang berat.

Walaupun dengan kondisi begitu panitia masih bisa mengumpulkan hewan qurban sebanyak itu dari masyarakat yang rata- rata berprofesi petani ini merupakan hal patut diapresiasi.

“Kami atas nama masyarakat gampong mengucapkan terimakasih banyak kepada para Mudhabi (orang yang berkurban-red), semoga Allah SWT menerima ibadah kurban, mengampuni semua dosa-dosa dan melapangkan rezeki mereka,” ucap Muhammad yang didampingi oleh Sekretaris Gampong Kayee Jatoe, Munawar.

Baca Juga :   Ketua KONI Abdya Lepas Keberangkatan Cabor PBSI ke Banda Aceh

Sementara itu, Munawar merincikan bahwa penyembelihan dan penyaluran daging hewan kurban dilakukan oleh panitia kurban di dua lokasi berbeda.

“Dua ekor sapi disembelih pada hari Senin (17/06/2024) di Halaman Meunasah Dusun Keumuneng dan tujuh ekor sapi dan satu ekor kambing disembelih pada hari Selasa (18/06/2024) di lapangan kantor keuchik gampong setempat,” jelas Sekdes yang mahir bahasa Arab dan Inggris ini.

Sementara Rizki Munandar, Salah satu panitia kurban juga merangkap sebagai Sekretaris Baitul Mal Gampong Kayee Jatoe menambahkan bahwa semua proses pemotongan dilakukan dengan cara swadaya atau gotong royong warga masyarakat.

“Alhamdulillah ada sekitar 350 tumpuk daging dan langsung dibagikan kepada masyarakat gampong pada siang hari yang sama, setiap KK mendapatkan satu paket daging lebih kurang seberat 3 kilogram,” kata Rizki, pemegang ijazah D-3 Teknik Informatika dan Komputer.

Baca Juga :   TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam Gelar Lomba Festival Anak Shaleh

Sementara itu salah satu penerima manfaat kurban Hamdami Rasyid (55) berstatus janda warga Dusun Teumpeun Tunong, mengucapkan terimakasih kepada para mudhabbi dan panitia kurban.

“Daging ini sangat bermanfaat bagi keluarga kami, semoga Allah SWT menerima ibadah kurban mereka dan menjadi ladang pahala bagi semua yang terlibat dalam kegiatan ini,” ucap Hamdami dengan penuh rasa syukur. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News