Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Kerap Banjir, Warga Minta Pemda Bangun Jembatan di Jalan ke Kantor Bupati Abdya

207
×

Kerap Banjir, Warga Minta Pemda Bangun Jembatan di Jalan ke Kantor Bupati Abdya

Sebarkan artikel ini
Sejumlah warga Desa Keude Paya membersihkan saluran drainase di jalan menuju ke kantor Bupati Abdya. FOTO: IST

Blangpidie, AcehGlobalNews.com — Warga Desa Keude Paya, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mengeluh lantaran kerap dilanda banjir musiman yang menggenangi rumah warga desa setempat.

Bukan hanya rumah warga, namun area persawahan milik petani di desa Keude Paya seluas satu hektar lebih juga ikut terdampak direndam banjir luapan tersebut.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Asal sudah hujan lebat, rumah warga kami di Desa Keude Paya selalu digenangi air luapan yang bermuara dari gunung ditambah lagi saluran drainase sepanjang jalan menuju ke kantor Bupati Abdya yang sudah dangkal dan mulai menyempit,” keluh salah seorang warga, Badrun (36), Senin (22/8/2022).

Baca Juga :   Rumah Janda Lansia Miskin di Abdya Ditimpa Pohon

Ia menjelaskan, banjir luapan itu disebabkan karena debit air yang terlalu besar dari hulu (pegunungan) akibat intensitas hujan tinggi yang tidak mampu ditampung oleh saluran drainase di sepanjang jalan bukit hijau menuju ke komplek kantor pemerintah kabupaten Abdya.

“Sehingga, dampaknya air menguap ke pemukiman rumah warga,” sebutnya.

Meskipun, ungkap Badrun, untuk mengoptimalkan pengairan dari hulu (pegunungan) sudah dibangun saluran di tengah persawahan, namun ketika hujan lebat air tetap saja meluber ke pemukiman warga. Dan bahkan katanya, air juga menggenangi area persawahan warga dengan luas satu hektar lebih.

Baca Juga :   Warga Bersyukur Peroleh Air Bersih dari Dana Desa

Karena masalah itu, ia meminta pemerintah kabupaten (Pemkab) Abdya melalui dinas terkait dapat segera mengatasi masalah tersebut.

“Kami minta perhatian kepada pemerintah agar juga melihat kondisi saluran drainase di sepanjang jalan menuju kantor Bupati Abdya, sebab asal sudah hujan lebat, air meluap ke lingkungan rumah warga,” pintanya.

Untuk mengatasi masalah itu, Badrun mengaku bersama warga sudah berupaya melakukan gotong royong untuk membersihkan saluran drainase yang dangkal dan sudah menyempit.

Menurutnya, untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah daerah diminta segera membangun dua unit jembatan, guna meningkatkan debit air yang mengalir lebih maksimal.

Baca Juga :   Unik, Keuchik di Abdya Diarak Naik Bemor Hias ke Acara Pelantikan

“Permintaan kami mohon kepada pemerintah membangun jembatan di pertengahan jalan menuju komplek perkantoran dan jembatan arah Lhung Tuha Jalan Nasional, dimana gorong-gorong di daerah itu hanya satu yang berfungsi,” pinta Badrun.

Menanggapi masalah tersebut, Keuchik Gampong Keude Paya, Baihaqi mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas PUPR Abdya untuk mengatasi keluhan warga tersebut.

“Insyaallah, kami akan segera menyampaikan masalah ini kepada dinas agar cepat ditangani, sehingga warga tidak lagi mengalami dampak banjir luapan dari saluran drainase di sepanjang jalan menuju ke kantor Bupati Abdya itu,” ucap Baihaqi.(*)