Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Warga Keude Baro Abdya Keluhkan Kondisi Jalan Belum Aspal

539
×

Warga Keude Baro Abdya Keluhkan Kondisi Jalan Belum Aspal

Sebarkan artikel ini
Warga melintas ruas jalan dipenuhi krikil karena belum aspal di Gampong Keude Baro, Kecamatan Kuala Batee, Abdya. (Foto: Acehglobal / Muhammad Nasir)

Blangpidie, Acehglobal — Kondisi jalan menuju Desa Keude Baro, Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya), kian memprihatinkan. Pasalnya, jalan yang menjadi satu-satunya akses bagi 112 kepala keluarga (KK) ini masih belum teraspal, dan dipenuhi krikil sehingga membahayakan warga.

Bayu (34), salah seorang warga setempat bersama sejumlah warga lainnya, Sabtu (24/2/2024) mengatakan, satu-satunya jalan alternatif di desanya belum pernah diaspal.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Sejak jadinya gampong jalan alternatif ini belum pernah di aspal sehingga jalur transportasi warga terhambat. Saat hujan kondisi jalan becek, dan siangnya berdebu,” ungkap Bayu, kepada Acehglobal, Sabtu (24/2/2024).

Baca Juga :   Unik, Keuchik di Abdya Diarak Naik Bemor Hias ke Acara Pelantikan

Bayu mengeluhkan, kondisi jalan ini juga sangat menghambat kelancaran usahanya saat mengantar pesanan kepada pelanggan.

“Sebagai pelaku UMKM di daerah sini, saya merasa kondisi jalan rusak menjadi kendala yang sangat menghambat kelancaran saat mengantar pesanan,” imbuh dia.

Selain itu, kata Bayu, kondisi jalan berbatuan krikil juga sering membuat kendaraan warga rusak dan bannya bocor. Sedihnya lagi apabila kendaraan rusak warga harus menuntunnya dengan sangat jauh untuk mencari bengkel.

Baca Juga :   Keputusan Pj Bupati Abdya Undang 3 Tokoh Nasional Dinilai Hambur Uang Daerah

“Warga sangat mengharapkan agar ruas jalan ini bisa diaspal oleh pemerintah sebagaimana gampong lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Keuchik Gampong Keude Baroe, T. Zaitar Hukum mengatakan, pihaknya sudah sering mengusulkan untuk pengaspalan jalan ini di setiap musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang), baik di tingkat kecamatan, maupun kabupaten.

Baca Juga :   PROJO Apresiasi Kinerja Mantan Kapolres Simeulue

“Sudah sering kita sampaikan di setiap musrenbang, tapi belum ada realisasinya,” ujar Zaitar.

Bahkan, kata Zaitar, pemerintah melalui dinas terkait sudah melakukan peninjauan langsung ke lokasi dan melakukan pengukuran. Ia berharap, pembangunan jalan ini segera direalisasikan demi membantu perekonomian masyarakat, termasuk bagi pelaku UMKM.

“Panjang jalan lebih kurang ada 2 kilometer. Jalan ini menjadi alternatif satu-satunya bagi 112 kepala keluarga yang tinggal di Gampong Keude Baro,” pungkasnya.(*)