Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

KKR Aceh bersama Bappeda Se Aceh Bahas Rekomendasi Reparasi

235
×

KKR Aceh bersama Bappeda Se Aceh Bahas Rekomendasi Reparasi

Sebarkan artikel ini

Aceh Besar, Acehglobalnews – Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh mengadakan Seminar Pengintegrasian Rekomendasi Reparasi, Rabu 23 November 2022 di salah satu hotel dalam kawasan kabupaten Aceh Besar.

Seminar tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Aceh yang diwakili Bapak Drs Bukhari MM selaku Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Aceh.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Bukhari menyampaikan bahwa sangat tepat acara seminar ini diselenggarakan dan melibatkan peserta dari perwakilan Bappeda kabupaten kota dan provinsi Aceh.” Ungkapnya.

Baca Juga :   Warga Gampong Lhung Asan Abdya Terima BLT DD April-Mei 2022

Tambahnya, langkah langkah pengintegrasian rekomendasi reparasi KKR Aceh sangat menarik untuk kita bahas bersama dan sebagai amanat dalam Qanun KKR Aceh nomor 17 tahun 2013 yang melakukan reparasi terhadap para korban pelanggaran HAM Aceh adalah pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten kota.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber dari KKR Aceh yaitu ketua KKR Aceh Masthur Yahya S.H, M.hum, ketua Pokja Reparasi KKR Aceh Yuliati, S.H, dan koordinator bidang penerapan dan penegakan hukum daan HAM BAPPENAS, Dian Ruhama,SH., M.H.

Baca Juga :   Kapolres Simeulue Lakukan Pengecekan Penumpang Kapal Teluk Sinabang

Selain itu juga hadir Komisioner KKR Aceh, Safriandi (Pokja Rekonsiliasi) dan Bustami (Pokja Pengungkapan Kebenaran), dan Kepala Sekretariat Badan Reintegrasi Aceh (BRA) yang juga merangkap Kepala Sekretariat KKR Aceh Dr. Syukri M.Yusuf.

Seminar ini diikuti oleh Bappeda Aceh dan 14 kabupaten/kota se Aceh yang merupakan wilayah yang sudah pernah diambil pernyataan oleh KKR Aceh semenjak 2017, kemudian turut juga mengundang perwakilan masyarakat sipil (MATA dan Katahati Institue).

Baca Juga :   KKR Aceh Gelar Bimtek Petugas Pengambilan Pernyataan

Ketua KKR Aceh Masthur Yahya berharap dengan acara seminar ini, semoga Gubernur Acah mengarahkan kepada- kepala Bappeda kabupaten/kota seluruh Aceh, agar bisa diintegrasikan kedalam program – program pembangunan daerah baik provinsi mau kabupaten kota seluruh Aceh, terutama yang di wilayahnya sudah diambil pernyataan oleh KKR Aceh. (Ril)