Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahHeadline

Kunker ke Abdya, Wamentan RI Apresiasi Potensi Sumberdaya Alam Abdya

418
×

Kunker ke Abdya, Wamentan RI Apresiasi Potensi Sumberdaya Alam Abdya

Sebarkan artikel ini
Sambutan Wamentan RI, Harvick Husnul Qolbi di hadapan masyarakat Abdya saat kegiatan Maulid Akbar di halaman Masjid Agung Baitul Ghaffur, Senin (21/11/2022). (Foto: AGN/Sal)

“Ini potensi yang besar, kalau kita lihat pertumbuhan ekonominya sangat baik, walaupun demikian kita tidak harus juga bersandar kepada data yang ada, tapi fakta di lapangan ini penting sekali,” tutur Harvick.

Blangpidie, Acehglobalnews – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Husnul Qolbi, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (21/11/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam kunker tersebut, Wamentan RI turut didampingi oleh Pj Gubernur Aceh, Ahmad Marzuki.

Dalam kunjungannya, Wamentan bersama rombongan menghadiri acara Maulid Akbar Kabupaten Abdya yang dipusatkan di halaman Masjid Agung Baitul Ghaffur, Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie.

Dilokasi Maulid Akbar, Wamentan Harvick disambut hangat oleh Pj Bupati Abdya, H Darmansah dan Forkompinda kabupaten setempat.

Peringatan Maulid Akbar kabupaten Abdya dihadiri oleh sekitar sepuluh ribu masyarakat dengan menyajikan sebanyak 104 kuah beulangong.

Pj Bupati Abdya, Darmansah dalam kata sambutannya mengaku sangat bersyukur atas kehadiran Wamentan RI ke Abdya. Ia menyebut kehadiran Wamentan menjadi penyemangat bagi masyarakat petani di Abdya.

“Selamat datang pak Wakil Menteri ke bumi Breuh Sigupai, semoga kehadiran bapak menjadi penyemangat bagi kami semua,” ucap Darmansah.

Di hadapan Wamentan dan Pj Gubernur Aceh beserta para tamu yang hadir, Darmansah juga menyampaikan berbagai potensi sumberdaya alam yang bisa dikembangkan di kabupaten Abdya.

Dalam kesempatan yang sama, Wamentan RI, Harvick Husnul Qolbi, mengapresiasi potensi sumberdaya alam yang dimiliki Abdya. Menurutnya, banyak sekali anggaran di tahun 2023 – 2024 yang dapat dimanfaatkan.

“Pemaparan pak Pj Bupati tadi luar biasa sekali, masih belum tersentuh, banyak sekali anggaran-anggaran yang dapat dimanfaatkan di tahun anggaran 2023 dan 2024 menjelang pergantian kepemimpinan nasional,” ungkap Wamentan Harvick.

Ia mengatakan, Aceh kedepan tidak mungkin lagi diklaim sebagai provinsi termiskin di Sumatera, karena memiliki potensi sumber daya alam yang luas, sedangkan masyarakatnya lebih kurang enam juta jiwa.

“Ini potensi yang besar, kalau kita lihat pertumbuhan ekonominya sangat baik, walaupun demikian kita tidak harus juga bersandar kepada data yang ada, tapi fakta di lapangan ini penting sekali,” tutur Harvick.

Berdasarkan fakta yang ada tersebut, Wamentan yakin bahwa kepala daerah di Aceh, baik yang masih bertugas atau Penjabat (Pj) akan konsen pada isu yang sama, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Jadi saya sampaikan ni kepada masyarakat, bahwa Indonesia saat ini dalam posisi yang sangat baik sekali, inflasi kita kecil,” ujar Harvick.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis bibit jengkol dan kelapa kepada kelompok tani.

Selain itu, Wamentan juga menyaksikan penandatanganan kesepakatan antara Pemkab Abdya Dengan Pemkab Aceh Singkil terkait kerjasama bidang pangan, yaitu pemasokan beras.

Amatan Acehglobalnews di lokasi kegiatan, turut hadir Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis, Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin dan perwakilan dari kabupaten kota lainnya di kawasan Barat Selatan Aceh.

Usai menghadiri kegiatan Maulid Akbar di Masjid Agung Baitul Ghaffur, Wamentan bersama rombongan berkunjung ke lokasi panen raya di Gampong Lhung Tarok, Kecamatan Blangpidie, Abdya. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News
Baca Juga :   Polisi Amankan Pelaku Penyalahgunaan Narkoba Jenis Sabu di Abdya