Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Kunker ke Aceh Tengah, BMK Abdya Bahas Optimalisasi Pengelolaan Zakat

422
×

Kunker ke Aceh Tengah, BMK Abdya Bahas Optimalisasi Pengelolaan Zakat

Sebarkan artikel ini
Ketua dan anggota badan BMK Abdya dan Aceh Tengah foto bersama usai kegiatan kunker ke Aceh Tengah, Senin (11/12/2023). Foto : Acehglobal/Ist

Takengon, Acehglobal — Badan Baitul Mal Kabupaten (BMK) Aceh Tengah menerima kunjungan kerja (kunker) dari Badan Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di Aula Lantai 4 Gedung Baitul Aceh Tengah di Takengon.

Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan bertujuan untuk membahas optimalisasi pengelolaan zakat, seperti program pengumpulan, pendistribusian serta perencanaan dan pelaporan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Kami menyambut baik kunjungan Baitul Mal Abdya. Mari sama-sama kita saling bertukar pengalaman, baik program pengumpulan, penyaluran serta cara mengelola zakat dengan baik,” ujar Ketua Baitul Mal Aceh Tengah, Azkiar Umar, dalam pertemuan dengan rombongan BMK Abdya, Senin (11/12/2023).

Baca Juga :   Dikerjakan September Ini, Ayah Wa Ajak Masyarakat Awasi Proyek Aspirasi Dewan

Azkiar menuturkan, dalam rangka optimalisasi pengumpulan zakat diperlukan sinergitas yang kuat dengan pemerintah daerah salah satunya melalui Unit Pelayanan Zakat Aparatur Sipil Negara (UPZ ASN). Terutama, dalam program-program yang sejalan dengan pemerintah.

Baca Juga :   Aceh Tengah Serahkan Insentif untuk 1.302 Guru TPA

“Selain itu, optimalisasi zakat di luar ASN seperti pada pengusaha, BUMN/BUMS, dan instansi vertikal kiranya juga diperlukan dengan cara melahirkan sebuah regulasi khusus yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah sebagai bentuk arahan kepada mereka untuk menunaikan zakat ke Baitul Mal bagi yang telah mencapai nishab,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Baitul Mal Abdya Zulbaili menyampaikan apresiasi kepada Baitul Mal Aceh Tengah yang telah memiliki kantor sendiri yang begitu mewah di Takengon.

Baca Juga :   Tandingi Suara Takbir, Live Musik di Cafe Nongkrong Abdya Dibubarkan

Zulbaili mengucapkan terimakasih telah disambut dengan baik oleh pengurus Baitul Mal Aceh Tengah. Ia juga mengapresiasi kunker tersebut karena telah bertukar informasi dengan pihaknya. Terdapat banyak hal yang dibahas.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Baitul Mal Aceh Tengah telah menerima kunjungan ini. Semoga kunker ini menjadi ajang silaturahmi dan menambah wawasan kami dalam mengelola Ziswaf di BMK Abdya,” tandasnya. (*)

Editor : FRA