Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Panwaslih Abdya Saweu Sikula, Ajak Kaum Milenial Awasi Pemilu dan Pilkada

282
×

Panwaslih Abdya Saweu Sikula, Ajak Kaum Milenial Awasi Pemilu dan Pilkada

Sebarkan artikel ini
Panwaslih Abdya Saweu Sikula, Ajak Kaum Milenial Awasi Pemilu dan Pilkada. Kegiatan ini berlangsung di Aula SMKN 1 Abdya, Kamis (2/6/2022). (Foto: Agn/Salman)

Dalam rangka meningkatkan partisipasi kaum milenial dalam pengawasan Pemilu, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bagi pemilih pemula.

Kegiatan sosialisasi ini dikemas dalam program “Panwaslih Saweu Sikula,” berlangsung di Aula SMKN 1 Abdya, diikuti oleh 30 orang siswa, yang terdiri dari siswa-siswi SMKN 1 Abdya dan SMAN Unggul Tunas Bangsa Abdya, Kamis (2/6/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan Saweu Sikula yang berlangsung selama setengah hari ini dengan menghadirkan narasumber dari LSM PEKKA, yakni Afrida Purnama.

Baca Juga :   Gampong Padang Hilir Susoh Prioritaskan Jalan Usaha Tani

Kesempatan itu, Afrida menjelaskan betapa pentingnya partisipasi pemilih pemula dalam setiap tahapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada nantinya.

“Kaum milenial juga merupakan sasaran peserta Pemilu yang cukup besar, sehingga mereka ini perlu diberikan pemahaman tentang Pemilu, agar menjadi pemilih pemula yang cerdas,” terangnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Abdya, Rismanidar mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya menyebarkan informasi kepemiluan kepada generasi muda milenial di kabupaten yang berjulukan Breuh Sigupai itu.

Baca Juga :   Dinsos Abdya Beri Pendampingan Trauma Healing pada Korban Kebakaran Alue Dama

“Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam mengawasi seluruh tahapan Pemilu 2024 nantinya,” ungkap Rismanidar.

Menurut perempuan yang akrab disapa Risma ini, peran kaum milenial sangat penting untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu maupun Pilkada. Karena kaum milenial selain generasi penerus, juga merupakan garda terdepan dalam mewujudkan perubahan demokrasi ke arah yang lebih baik.

Baca Juga :   Meunasah Desa Keude Siblah Rampung Dikeramik, Warga: Terimakasih Pangdam IM

“Karena itu kaum milenial selaku pemilih pemula jangan acuh dan cuek terhadap isu politik, demokrasi dan Pemilu,” ujar Risma.

Hadir dalam kegiatan tersebut, komisioner Panwaslih Abdya, Rahmah Rusli dan Rismanidar, Koordinator Sekretariat, Haris Firmansyah, Kepala Sekolah SMKN 1 Abdya, Ismail Daod, narasumber, Afrida Purnama, alumni SKPP dan staf sekretariat Panwaslih setempat.(*)