Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Pemkab Abdya Terima 6 Penghargaan Berturut-turut dari BKKBN

418
×

Pemkab Abdya Terima 6 Penghargaan Berturut-turut dari BKKBN

Sebarkan artikel ini
Kepala DPMP4 Abdya, Nur Afni Muliana menerimanya piagam penghargaan yang diserahkan oleh Perwakian BKKBN Aceh pada acara Rakerda Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Aceh tahun 2023, di Hotel Permata Hati Banda Aceh, Selasa (28/2/2023).

Laporan : Z. Yusuf | Editor : Redaksi

Blangpidie – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) terus mendapatkan prestasi dari berbagai bidang. Kali ini, kabupaten yang dijuluki Nagari Breuh Sigupai itu menerima enam apresiasi sekaligus.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Prestasi tersebut diperoleh Abdya atas capaian kinerja pada Program Bangga Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Penghargaan itu diterima langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4), Nur Afni, mewakili Pj Bupati Abdya, H. Darmansah, S.Pd, MM.

Baca Juga :   Melalui PHBS, Masyarakat Kuta Bahagia Diajak Wujudkan Lingkungan Bersih

Piagam penghargaan diserahkan oleh Perwakian BKKBN Provinsi Aceh pada acara Rapat Kerja Daerah (Rekerda) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Aceh tahun 2023, di Hotel Permata Hati Banda Aceh, Selasa (28/2/2023).

Kepala DPMP4 Abdya Nur Afni kepada wartawan menjelaskan, Program Bangga Kencana merupakan akronim dari pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana menjadi salah satu program unggulan dari BKKBN.

“Program ini bertujuan untuk mewujudkan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta berfokus pada mewujudkan keluarga yang berkualitas,” kata Nur Afni.

Salah satu fokus dari program ini, sambung Nur Afni, yaitu penurunan stunting yang juga menjadi program strategis nasional yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia.

Baca Juga :   Viral, Bocah SD Pidie Jaya Bawa Ayah Berobat dengan Becak Tua Tempuh 8 Jam ke RSUD Cut Mutia

“Setiap tahun perwakilan BKKBN Provinsi Aceh memberikan apresiasi terhadap capaian kinerja program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting yang dilaksanakan di 23 kabupaten/kota di Aceh,” ujarnya.

Apresiasi ini, sebut Nur Afni, diberikan terhadap beberapa capaian indikator kinerja antara lain pada kegiatan pergerakan pelayanan KB, kegiatan pada kelompok kegiatan (BKB, BKR, BKL, PIK-R, UPPKA dan Forum Genre), dan kegiatan percepatan penurunan stunting.

“Penilaian ini dilakukan berdasarkan laporan di aplikasi New Siga yang dilakukan oleh PKB/PLKB sebagai ujung tombak pelaksanaan program Bangga Kencana di lapangan dan OPD KB melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaporan tersebut,” terangnya.

Baca Juga :   Puskesmas Babahrot jadi Satu-satunya Puskesmas Ramah Anak di Abdya

Pada tahun 2021, kata Nur Afni, Kabupaten Abdya memperoleh satu Apresiasi Capaian Kinerja Program Bangga Kencana. Sedangkan, untuk tahun 2022 meningkat menjadi enam apresiasi.

Adapun enam Apresiasi Capaian Kinerja Program Bangga Kencana yang diperoleh oleh Kabupaten Abdya secara berturut-turut di tahun 2022 yaitu:

1. Juara II PA/PPM tertinggi,
2. Juara III PB/PPM tertinggi,
3. Juara III Unmedneed terendah,
4. Forum Genre Terbaik
5. Juara III PIK-R teraktif (MAN Al Munawarah Blangpidie),
6. Juara III BKL teraktif. (*)